Fikri Ibadurrahman Terpilih Menjadi Peserta Program “Bertani untuk Negeri” Japfa Foundation

Laporan oleh Arif Maulana

bertani untuk negeri
Fikri Ibadurrahman (kedua dari kiri), alumnus Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, sedang mengikuti materi Sekolah Lapang mengenai fungsi alat-alat di peternakan ayam broiler dalam program “Bertani untuk Negeri” yang dilaksanakan Japfa Foundation.*

[unpad.ac.id, 2/10/2020] Fikri Ibadurrahman, alumnus Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, terpilih menjadi salah satu peserta program “Bertani untuk Negeri” yang dilaksanakan Japfa Foundation.

Fikri bersama 15 peserta program lainnya akan menjalani pelatihan sekaligus bekerja bersama peternak ayam di Desa Ender dan Gagansari, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, selama 6 bulan ke depan.

Fikri terpilih setelah mengikuti beragam seleksi. Mulai dari seleksi administrasi, wawancara, dan medical check up yang sudah dilakukan pada Agustus lalu. Pendaftar awal program ini sendiri mencapai 466 orang yang tersebar dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

(baca juga: Fakultas Peternakan Fasilitasi Pelatihan Pembiakan dan Manajemen Sapi Komersial Kerja Sama Indonesia-Australia)

Ketertarikan Fikri untuk mengikuti program ini adalah untuk menambah wawasan keilmuan di bidang peternakan. Apalagi, dunia ini sudah menjadi dalam keseharian Fikri saat menjalani studi di Fapet Unpad.

Selain itu, Fikri juga berencana untuk memulai bisnis peternakan ayam di daerah asalnya di Purwakarta. Dengan demikian, program ini menjadi ajang bagi Fikri untuk merasakan bagaimana pengalaman mengembangkan usaha di peternakan ayam.

Pada program ini, ada banyak kegiatan dan pelatihan yang akan didapat Fikri, antara lain pelatihan mini MBA, pelatihan pengasahan soft skill, pelatihan kemampuan bisnis, serta tentunya pelatihan penguatan kemampuan beternak.

(baca juga: Dua Mahasiswa Peternakan Unpad Pelajari Pengelolaan Ternak Sapi di Australia)

“Setelah mengikuti program ini harapannya saya mendapatkan cukup ilmu praktis sekaligus pengalaman guna mengaplikasikannya langsung di peternakan yang akan saya rintis nanti,” kata Fikri.

Program “Bertani untuk Negeri” sendiri merupakan program yang digagas Japfa Foundation mempertemukan generasi muda dengan petani dan peternak untuk bekerja dan belajar bersama mengembangkan sektor pertanian Indonesia. Diharapkan, program ini dapat membantu menjawab masalah ketahanan pangan sekaligus menyiapkan lulusan yang siap terjun di dunia pertanian dan peternakan.*

 

Share this: