Unpad-Kemenkominfo RI Gelar Program Pelatihan FGA Digital Talent Scholarship

Suasana

Laporan oleh Artanti Hendriyana

Digital Talent Scholarship
Suasana pembukaan pelatihan Cloud Computing pada program Fresh Graduate Acdemy Digital Talent Scholarship (FGA DTS) di Unpad. Senin (21/9).*

[unpad.ac.id, 21/9/2020] Sebanyak 23 peserta akan mengikuti pelatihan Cloud Computing pada program Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship (FGA DTS) di Unpad. Kegiatan yang digelar atas kerja sama FMIPA Unpad dengan Kementerian Kominfo RI ini digelar secara daring mulai Senin (21/9) hingga 27 Oktober 2020 mendatang.

Ketua Pelaksana FGA Digital Talent Scholarship Unpad sekaligus Kepala Departemen Ilmu Komputer FMIPA Unpad, Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia Indonesia.

(baca juga: Tingkatkan Kompetensi, Tenaga Kependidikan Unpad Ikuti Pelatihan Pengelolaan “Website”)

Dengan digelarnya kegiatan ini, diharapkan para peserta memiki motivasi kuat untuk menambah ilmu serta dapat berkembang untuk Indonesia maju.

“Ini salah satu upaya untuk membangun SDM Indonesia yang diharapkan semakin hari semakin baik,” ujar Dr. Setiawan dalam pembukaan acara FGA Digital Talent Scholarship Unpad, Senin (21/9).

Dr. Setiawan juga berharap kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para peserta. Para peserta pun diminta untuk dapat mempersiapkan diri dengan baik agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan optimal.

(baca juga: Ikut Konsorsium Internasional, Tim Peneliti FMIPA Unpad Sampaikan Hasil Penelitian Etnoinformatika di Jerman)

“Sehingga di waktu 35 kali pertemuan ini Anda mendapatkan hasil yang maksimal yang tentunya nanti akan sangat bermanfaat mengarungi kehidupan Anda,” ujar Dr. Setiawan.

Sementara itu, Manajer Bidang Riset, Pengabdian Pada Masyarakat, Inovasi, dan Kerja Sama FMIPA Unpad Dr. Nursanti Anggraini mengatakan bahwa di era digital, lulusan perguruan tinggi perlu memiliki pengetahuan dan kemampuan optimal, terutama mengenai teknologi.

“Dari kegiatan ini diharapkan para peserta dapat meningkatkan softskill-nya untuk menambah pengetahuan  tentang teknologi,” ujar Dr. Nursanti.

Kegiatan ini sendiri direncanakan digelar pada Juli-Agustus lalu di kampus Unpad Jatinangor. Namun mengingat situasi pandemi, kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada September-Oktober.

“Saya yakin walaupun kegiatan ini dilaksanakan secara daring tetap dapat tercapai tujuan kegiatannya,” ujar Dr. Nursanti

Pelatihan ini sendiri akan mengajarkan peserta materi mengenai cloud computing¸termasuk di dalamnya materi mengenai pengenalan, infrastruktur, keamanan, komputasi, penyimpanan, dan layangan jaringan.

(baca juga: Dua Mahasiswa Unpad Ikuti “Huawei Seeds For The Future 2019” di Tiongkok)

Dalam pelatihan ini peserta juga akan mendapatkan ilmu mengenai proses otomatisasi, bagaimana merancang cloud, melakukan migrasi data, dan kemampuan lain menggunakan tools yang disediakan.

Kegiatan ini diikuti oleh 23 peserta yang berasal dari Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten. Peserta merupakan fresh graduate dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Bertindak sebagai instruktur dalam pelatihan ini adalah para dosen Teknik Informatika FMIPA Unpad, yaitu Dr. Asep Sholahuddin, MT, Aditya Pradana, S.T., M.Eng, dan Deni Setiana, M.Sc.CS.(arm)*

Share this: