Terpilih, Ketua dan Sekretaris Senat Akademik Unpad 2020-2025

Laporan oleh Arif Maulana

senat akademik unpad
Prof. Dr. Ganjar Kurnia, DEA, membacakan sumpah jabatan saat ditetapkan sebagai Ketua Senat Akademik Unpad 2020-2025 dalam Sidang Pleno Senat Akademik yang digelar Selasa (22/9). Selain Prof. Ganjar, Dr. Yoni Fuadah Syukriani, dr., M.Si., DFM, juga ditetapkan sebagai Sekretaris Senat Akademik Unpad 2020-2025. (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 22/9/2020] Prof. Dr. Ganjar Kurnia, DEA, dan Dr. Yoni Fuadah Syukriani, dr., M.Si., Sp.F., DFM, ditetapkan sebagai Ketua dan Sekretaris terpilih Senat Akademik Universitas Padjadjaran periode 2020-2025. Penetapan Prof. Ganjar sebagai ketua dan Dr. Yoni sebagai sekretaris dilakukan dalam Sidang Pleno Senat Akademik Unpad, Senin (21/9) dan Selasa (22/9).

Prof. Ganjar terpilih berdasarkan hasil voting yang dilakukan 69 anggota Senat Akademik Unpad 2020 – 2025. Dalam voting tersebut, ada 4 kandidat Ketua Senat Akademik Unpad 2020-2025. Secara alfabetis, keempat kandidat tersebut antara lain Prof. Dr. Arry Bainus, M.A., Prof. Dr. Danny Hilmanto, dr., Sp.A(K), Prof. Dr. Ganjar Kurnia, DEA, serta Prof. Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt.

Sementara Dr. Yoni terpilih berdasarkan aklamasi dari para anggota Senat Akademik Unpad. Sidang pleno yang digelar secara daring dan luring dengan protokol kesehatan yang ketat ini dipimpin oleh Ketua Senat Akademik Unpad Sementara Prof. Dr. Tb. Zulriska Iskandar, serta Sekretaris Senat Akademik Unpad Sementara Prof. Yudi Azis, PhD.

(baca juga: Kepengurusan Berakhir, Senat Akademik Unpad 2015-2020 Gelar Gowes Santai)

Prof. Ganjar dan Dr. Yoni dilantik sebagai Ketua dan Sekretaris Senat Unpad 2020 – 2025 dengan disaksikan langsung Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti bersama Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Prof. Dr. Ida Nurlinda serta Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Prof. Yanyan Mochamad Yani, PhD.

“Selamat bertugas Prof. Ganjar dan Bu Yoni, tentu kita akan dukung,” ujar Rektor saat memberikan sambutan.

Rektor mengatakan, menginjak lima tahun sebagai PTN Badan Hukum, ada banyak hal yang bisa dipelajari Unpad. Kemitraan, sinergitas, dan koordinasi menjadi kata kunci penting.

“Organ Senat Akademik, Rektor, dan Majelis Wali Amanat kalau tidak berjalan beriringan hasilnya tidak akan optimal,” tutur Rektor.

(baca juga: Unpad Tuan Rumah Sidang Paripurna Majelis Senat Akademik PTNBH)

Ada banyak tujuan yang mesti dicapai oleh Unpad sebagai PTN Badan Hukum. Selain tujuan masuk peringkat 500 besar dunia, Unpad juga dituntut untuk lebih menunjukkan segi kemandirian, serta memberikan manfaat pada bangsa dan negara.

“Apa yang kita kerjakan, itu ternyata di luar kampus sangat menantinya,” tambah Rektor.

PTN Badan Hukum tidak hanya menghasilkan lulusan yang unggul dan menghasilkan reputasi akademik yang baik. Lebih dari itu, PTN Badan Hukum mampu menggulirkan berbagai hasil kerja untuk meningkatkan daya saing bangsa.

(baca juga: Resmikan Tata Kelola Unpad sebagai PTN Badan Hukum, Menristekdikti Dorong Unpad Tingkatkan Jumlah Publikasi Ilmiah)

Karena itu, Rektor mengharapkan sinergi yang baik dengan Senat Akademik dan MWA untuk bersama meningkatkan kontribusi Unpad bagi masyarakat Jawa Barat, Indonesia, maupun dunia.

Rektor juga mendorong Ketua dan Sekretaris Senat Akademik terpilih untuk menyiapkan anggotanya sebagai perwakilan di Majelis Wali Amanat Unpad yang baru.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga mengucapkan terima kasih atas berbagai capaian yang telah ditorehkan pimpinan dan pengurus Senat Akademik Unpad sebelumnya.

“Perjalanan kemarin dengan Ketua Senat Akademik Prof. Oekan S. Abdoellah dan Sekretaris Dr. Tomy Perdana telah banyak mewarnai kiprah Unpad,” kata Rektor.

Prof. Ganjar Kurnia merupakan Guru Besar pada Fakultas Pertanian Unpad. Sebelumnya, Prof. Ganjar merupakan Rektor ke-10 Unpad yang menjabat pada 2007-2015. Sementara Dr. Yoni merupakan dosen di Fakultas Kedokteran. Dr. Yoni juga pernah menjabat sebagai Dekan FK Unpad 2016-2018.*

Share this: