Prof. Quraish Shihab Ingatkan Warga Unpad untuk Terus Bersyukur

Cendekiawan Muslim

Laporan oleh Arif Maulana

Cendekiawan Muslim Prof. M. Quraish Shihab memberikan tausiah secara virtual dalam acara “Unpad Bersyukur” memperingati Dies Natalis ke-63 Universitas Padjadjaran, Kamis (10/9). (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 10/9/2020] Bersyukur merupakan ungkapan rasa terima kasih manusia atas berbagai nikmat dan karunia yang diberikan Allah swt. Namun, rasa syukur ini tidak sekadar hanya diungkapkan dengan rasa dan kata, tetapi harus diungkapkan lewat perilaku sehari-hari.

“Orang yang pandai bersyukur, dia akan memperoleh apa yang akan diharapkan,” ujar cendekiawan Muslim Prof. M. Quraish Shihab saat memberikan ceramah secara virtual dalam acara “Unpad Bersyukur” memperingati Dies Natalis ke-63 Universitas Padjadjaran, Kamis (10/9).

Secara harfiah, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, syukur diartikan rasa cinta dan terima kasih kepada Allah swt. Namun, jika merujuk kaidah bahasa Arab, syukur memiliki makna beragam. Salah satunya adalah menampakkan nikmat yang telah diterima.

(baca juga: Unpad Bersyukur, Refleksi Unpad Atas Berbagai Capaian di Usia 62 Tahun)

Prof. Quraish Shihab menjelaskan, konteks makna “menampakkan” ini relevan dengan kegiatan tridarma di perguruan tinggi. Ilmu pengetahuan yang baik harus disebarkan untuk kemaslahatan umat manusia. Penelitian akademik wajib dilakukan untuk melahirkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

“Lakukan eksplorasi alam raya untuk menggali rahasia yang terpendam. Nampakkanlah untuk dijadikan manfaat bagi umat manusia,” kata Prof. Quraish Shihab.

Lebih lanjut Mantan Dubes RI untuk Mesir 1999-2002 ini menjelaskan, syukur bukan sekadar rasa. Manusia bersyukur tidak cukup hanya merasakan adanya suatu nikmat yang diterima. Rasa harus disusul dengan ucapan.

(baca juga: Hikmah Covid-19, Manusia Perlu Jalin Silaturahmi dengan Alam Semesta)

Karena itu, ungkapan seperti “Alhamdulillah” maupun “Puji Tuhan” merupakan bentuk ungkapan rasa lewat ucap. Namun, rasa dan ucapan juga masih belum cukup. Selanjutnya adalah melakukan kegiatan yang menunjukkan ungkapan rasa syukur.

“Tidak cukup berucap Alhamdulillah. Anda harus melakukan kegiatan yang menunjukkan terima kasih Anda itu dalam bentuk konkret di dunia nyata,” ujarnya.

Memperingati momentum Dies Natalis ke-63, Prof. Quraish Shihab berharap Unpad bisa terus berkembang memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Selamat Unpad, Insyaallah dari hari ke hari terus bekrembang sehingga menjadi salah satu universitas terkemuka di permukaan bumi,” pungkasnya.

Acara “Unpad Bersyukur” merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Dies Natalis ke-63 Unpad. Acara digelar dengan kombinasi luring dan daring. Pelaksanaan acara luring digelar secara terbatas di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor. Acara juga disiarkan secara virtual melalui kanal streaming resmi Unpad.*

Share this: