Unpad Berikan Pembekalan kepada Manajer Sumber Daya, Perencanaan, dan Sistem Informasi

Laporan oleh Arif Maulana

unpad
Wakil Rektor Sumber Daya dan Keuangan Unpad Prof. Dr. Ida Nurlinda membuka Program Pembekalan Manajer Sumber Daya, Perencanaan, dan Sistem Informasi yang diselenggarakan Direktorat Sumber Daya Manusia Universitas Padjadjaran secara daring, Rabu (26/8).*

[unpad.ac.id, 26/8/2020] Sebanyak 17 tenaga kependidikan mengikuti Program Pembekalan Manajer Sumber Daya, Perencanaan, dan Sistem Informasi yang diselenggarakan Direktorat Sumber Daya Manusia Universitas Padjadjaran secara daring dan luring, Rabu (26/8) hingga Jumat (28/8).

Peserta merupakan para  Manajer Sumber Daya, Perencanaan, dan Sistem Informasi dari seluruh fakultas yang baru saja diangkat oleh Unpad, Rabu (19/8) lalu. Terhitung 1 September 2020, para manajer baru sudah mulai menjalankan tugasnya di fakultas.

(baca juga: Tenaga Kependidikan Unpad Ikuti Asesmen Psikologi)

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Unpad Prof. Ida Nurlinda saat membuka pembekalan, Rabu (26/8) menyampaikan, penunjukkan Manajer Sumber Daya, Perencanaan, dan Informasi untuk ditempatkan di fakultas merupakan tindak lanjut dari penerapan Peraturan Rektor Nomor 1 Tahun 2020 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Pengelola Unpad.

“Tentu ini sangat spesial, karena terkait manajer sumber daya ini diberikan kepada tendik yang memiliki prestasi dan capaian berdasarkan asesmen yang dilakukan oleh Unpad,” ujar.

Atas pencapaian tersebut, para manajer baru dihadapkan pada tanggung jawab dan konsekuensi dari jabatan yang diemban. Prof. Ida mengatakan, Unpad mengharapkan komitmen kuat dari para manajer baru melalui kinerja yang optimal.

(baca juga: Tingkatkan Kompetensi, Tenaga Kependidikan Unpad Ikuti Pelatihan Pengelolaan “Website”)

Pada acara pembekalan ini, peserta akan diberikan beragam materi. Pemberian materi ini bertujuan untuk memperkaya wawasan para manajer ketika nanti mulai ditempatkan di unit kerjanya.

“Saya kira pembekalan ini tidak terputus pada 3 hari. Bila Bapak/Ibu ada kesulitan dalam menjalankan tugas bisa dikonsultasikan dengan teman-teman di Pusat Asesmen atau Direktorat SDM,” tutur Prof. Ida.

Guru Besar Fakultas Hukum Unpad ini berharap, kinerja para manajer dapat menjadi salah satu kontribusi untuk mencapai tujuan dalam Rencana Strategis Unpad.

(baca juga: Departemen dan Program Studi Bagian Integral dalam Wujudkan Unpad Masuk 500 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia)

Adapun materi yang disampaikan di hari pertama pembekalan tersebut antara lain: karier tendik Unpad oleh Prof. Ida Nurlinda, Renstra Unpad oleh Warek Bidang Organisasi dan Perencanaan Prof. Yanyan M. Yani, gambaran tugas manajer Unpad serta prinsip manajemen dan pengelolaan SDM oleh Direktur SDM Aulia Iskandarsyah, PhD, serta pengenalan organisasi dan tata kelola oleh Direktur Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Dr. Isis Ikhwansyah.

Di hari kedua, materi yang diberikan antara lain: pengelolaan perencanaan dan sistem informasi oleh Direktur Perencanaan dan Sistem Informasi Mutakin, PhD, ruang lingkup kehumasan dan protokoler di tingkat fakultas oleh Kepala Kantor Komunikasi Publik Dandi Supriadi, PhD, pengelolaan sarpras dan manajemen aset oleh Direktur Sarpras dan Manajemen Aset Edward Henry, M.M., serta pengembangan kemampuan manajerial oleh tim Psikologi Unpad.

Di hari ketiga, materi masih seputar pengembangan kemampuan manajerial oleh tim Psikologi Unpad, serta sesi diskusi dan rencana aksi.*

Share this: