Sejumlah Kegiatan Akan Digelar pada Peringatan Dies Natalis ke-63 Unpad

Dies Natalis ke-63 Unpad
Logo Dies Natalis ke-63 Unpad.*

Rilis

Dies Natalis ke-63 Unpad
Logo Dies Natalis ke-63 Unpad.*

[unpad.ac.id, 18/8/2020] Universitas Padjadjaran akan memperingati Dies Natalis ke-63 pada 11 September mendatang. Memperingati perayaan Dies Natalis ke-63 Unpad tersebut, digelar sejumlah kegiatan berskala nasional maupun internasional akan digelar dalam waktu dekat.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, tahun ini Dies Natalis Unpad mengambil tema “63 Tahun Unpad, Bermanfaat dan Mendunia”. Selama 63 tahun berkiprah di dunia akademik Indonesia, Unpad telah banyak menorehkan prestasi dan inovasi di bidang ilmu pengetahuan. Tidak hanya di lingkup nasional, tetapi juga di mancanegara.

“Sudah saatnya Unpad meningkatkan kemanfaatan dan kehadirannya di tengah masyarakat dan memberikan kontribusi positif bagi kemaslahatan umat di seluruh dunia,” kata Rektor.

Rangkaian acara Dies Natalis ke-63 Unpad terdiri dari berbagai kegiatan, dimulai dari 1 Agustus hingga 11 September mendatang. Beragam kegiatan tersebut antara lain Webinar Series (18 Agustus – 9 September), Unpad Bersyukur (10 September), Orasi Ilmiah Puncak Peringatan Dies Natalis ke-63 Unpad (11 September), Proses Penerimaan Mahasiswa Baru (27 – 29 Agustus), serta International Day (1- 22 Agustus).

Webinar Series

Acara Webinar Series merupakan implementasi dari Program Sapta Karsa (7S) Unpad sesuai Rencana Strategis Unpad 2020-2024. Acara ini merupakan forum virtual untuk mendiskusikan beragam permasalahan terkait sejauh mana Unpad berkontribusi dalam penetapan tatanan baru sesuai dengan konteks 7S.

Diskusi tersebut akan dibagi ke dalam empat kelompok tema, yaitu: publikasi dan inovasi, internasionalisasi, mahasiswa dan alumni, serta sumber daya manusia.

Unpad Bersyukur

“Unpad Bersyukur” merupakan acara khusus untuk merefleksikan perjalanan Unpad secara spiritual. Tujuannya untuk mensyukuri berbagai capaian yang telah diperoleh Unpad selama kurang lebih 63 tahun. Selain itu, acara ini juga menjadi ajang kontemplasi untuk masa depan sekaligus media silaturahmi antar keluarga besar Unpad.

Tahun ini, acara “Unpad Bersyukur” dilaksanakan dengan metode hibrida. Sebagian peserta akan hadir secara fisik di lokasi acara, sedangkan sisanya bisa menikmati acara melalui pertemuan daring dan live streaming. Kegiatan spiritual ini direncanakan akan diisi tausiah secara virtual dari Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab, M.A.

Orasi Ilmiah

Orasi ilmah sebagai acara puncak peringatan Dies Natalis ke-63 Unpad akan digelar bertepatan dengan tanggal berdirinya Unpad, yaitu 11 September 2020. Seiring adanya pandemi Covid-19, tahun ini orasi ilmiah digelar secara hibrida dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dikatan hibrida, orasi ilmiah luring akan digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung. Acara luring hanya dihadiri oleh pengelola universitas maupun undangan langsung. Sementara sebagian besar warga Unpad lainnya bisa mengikuti orasi ilmiah melalui dan live streaming.

Orasi ilmiah ini akan menghadirkan sejumlah tokoh yang berperan penting dalam membantu penanganan pandemi Covid-19, di antaranya Direktur Operasional PT. Bio Farma Rahman Rustan, serta seorang tokoh nasional yang masih dalam konfirmasi.

 

 

Share this: