Unpad Gelar Pembekalan KKN Virtual bagi Dosen Pembimbing Lapangan

Laporan oleh Artanti Hendriyana

kkn virtual
Suasana pembekalan/Traning of Trainers KKN virtual kepada sejumlah dosen pembimbing lapangan (DPL) melalui aplikasi Zoom, Jumat (19/6).*

[unpad.ac.id, 19/6/2020] Universitas Padjadjaran menggelar Pembekalan Kuliah Kerja Nyata atau KKN virtual kepada sejumlah dosen pembimbing lapangan (DPL) melalui aplikasi Zoom, Jumat (19/6). Acara ini digelar sebagai bagian dari persiapan pelaksanaan KKN virtual untuk mahasiswa Sarjana dan Sarjana Terapan pada 1 – 31 Juli 2020 mendatang.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, dr., SpM(K), M.Kes., PhD. mengatakan bahwa KKN virtual merupakan salah satu media pembelajaran yang terintegrasi dengan situasi dan kondisi yang ada di masyarakat. Berbagai fenomena yang ada di masyarakat dapat menjadi media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas mahasiswa.

(baca juga: Tahun Ini, KKN Unpad Akan Digelar Secara Virtual)

Meski merupakan tantangan, pandemi Covid-19 dapat dijadikan media pembelajaran untuk menghasilkan mahasiswa berkualitas. KKN tahun ini pun akan lebih banyak menggunakan media daring.

“Kita juga dapat memberikan semacam pembelajaran kepada mahasiswa bahwa KKN ini merupakan suatu upaya bagaimana kita belajar bersama dengan masyarakat, mempelajari fenomena di masyarakat, termasuk fenomena pada saat keadaan seperti  ini,” ujar Prof. Arief.

Pelaksanaan KKN virtual merupakan hal yang baru di Unpad. Untuk itu, pelaksanaan KKN virtual akan terus dieksplorasi keefektivitasannya.

Dilakukan secara virtual, para DPL harus dapat mengarahkan mahasiswa agar dapat optimal dalam mencapai tujuan pembelajaran melalui KKN. Selain itu, DPL juga harus dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dalam membimbing mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajarannya.

“Sehingga memang diperlukan kreativitas dan inovasi yang harus dibuat oleh para DPL,” ujar Prof. Arief.

Sementara itu Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Mohamad Fahmi, S.E., M.T., Ph.D. mengungkapkan bahwa secara umum KKN terbagi dua, yaitu KKN yang terintegrasi dengan pelaksanaan pengabdian pada masyarakat  dosen Unpad (PPMD) atau KKN virtual dan KKN yang terintegrasi dengan pengembangan aplikasi Amari Covid-19).

Pelaksanaan KKN kali ini akan melibatkan sekitar 200 DPL dan 2.085 mahasiswa. Satu kelompok KKN akan terdiri dari 10-11 mahasiswa. Pelaksanaan KKN juga akan menggunakan aplikasi Trello.

Sebelum pelaksanaan KKN, para mahasiswa terlebih dahulu memilih topik KKN sesuai dengan minat atau keilmuan masing-masing. Selanjutnya, para DPL dapat memilih para mahasiswa tersebut sesuai dengan kuota kelompoknya. Pembekalan kepada mahasiswa juga akan dilakukan oleh para DPL dan tim pengelola KKN Unpad.

“Sesuai jadwal, tanggal 1 Juli kita akan launching KKN virtual,” ujar Fahmi.(am)*

Share this: