Dibuka, Pendaftaran Hibah Inovasi Pre-Startup Mahasiswa Unpad

Logo Unpad.*

Laporan Artanti Hendriyana

[unpad.ac.id, 11/4/2020] Universitas Padjadjaran menginisiasi kompetisi Hibah Inovasi Pre-Startup Mahasiswa Unpad IHIPSMU). Program hibah ini bertujuan untuk mengakselerasi program peningkatan jumlah wirausaha baru di kalangan mahasiswa Unpad.

Direktur Inovasi dan Korporasi Unpad Diana Sari, PhD, mengatakan, kompetisi HIPSMU ditujukan bagi mahasiswa aktif Unpad jenjang Sarjana dan Sarjana Terapan yang memiliki beragam ide bisnis kreatif dan inovatif. Diharapkan melalui hibah ini, ide tersebut bisa direalisasikan menjadi usaha rintisan baru.

“HIPSMU digelar untuk memotivasi dan memfasilitasi ide- ide bisnis start-up agar dapat diimplementasikan atau membantu pengembangan rintisan usaha yang telah dimulai sehingga bisa menjadi bisnis yang berkembang dan berkelanjutan,” ujarnya.

Secara singkat, ruang lingkup bisnis yang diusulkan meliputi bidang usaha ekstraktif, agraris, perdagangan, jasa, pengolahan produk seperti kuliner, busana, kerajinan tangan, serta berbagi produk kreatif lainnya. Ide bisnis wajib mengandung unsur inovasi, penerapan iptek, serta memiliki tujuan mulia (noble purpose) dalam menjalankan proses bisnisnya.

Tahapan pelaksanaan kompetisi HIPSMU dimulai dari tahap pendaftaran calon peserta yang berlangung hingga 14 April mendatang, lokakarya penyusunan proposal bagi mahasiswa pengusul dan dosen pembimbing pada 15 – 17 April, dan pengusulan proposal pada 18 – 29 April 2020.

Selanjutnya, seleksi tahap 1 berupa penilaian proposal oleh dewan juri pada 30 April – 4 Mei, pengumuman hasil seleksi tahap I pada 5 Mei, seleksi tahap 2 berupa penilaian pitching bisnis secara daring pada 7-8 Mei 2020, serta penetapan pemenang kompetisi pada 11 Mei 2020.

“HIPSMU 2020 ini ditujukan agar selama pandemi COVID-19, mahasiswa Unpad selain belajar di rumah, juga diisi dengan kegiatan positif dan kreatif. Seluruh proses pengajuan dan seleksi dari HIPSMU ini dilaksanakan secara daring,” kata Diana.

Pemenang kompetisi akan mendapatkan bantuan pemodalan usaha sebesar Rp 5 juta – Rp 25 juta. Perbedaan besaran akan ditentukan berdasarkan kemampuan peserta saat penyampaian proposal bisnisnya serta dari hasil presentasi daring.

Tentunya, pemenang akan dimonitor kemajuan pelaksanaan bisnisnya dan wajib menyusun laporan akhir proyek pada 1 – 3 September mendatang.

Seluruh penerima pendanaan akan diikutsertakan dalam kegiatan ekspo/gelar promosi yang akan diselenggarakan pada 11 September 2020, atau bertepatan dengan Dies Natalis ke-63 Unpad. Selain itu, pemenang juga akan dipersiapkan untuk mengikuti Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) Kemendikbud tahun 2020.

Pendaftaran HIPSMU 2020 bisa dilakukan di laman bit.ly/HIPSMU2020 , sedangkan pedoman HIPSMU bisa dilihat pada tautan ini.(am)*

Share this: