Rektor Minta Dukungan Alumni dalam Wujudkan Unpad Masuk 500 Perguruan Tinggi Dunia

Laporan oleh Arif Maulana

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., memberikan sambutan dalam acara “Gala Dinner dan Malam Apresiasi Ikatan Alumni Unpad yang digelar di Ballroom Pullman Jakarta Indonesia Thamrin CBD, Jakarta, Kamis (12/3) malam. (Foto: Arif Maulana)*

[unpad.ac.id, 13/3/2020] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., bersama sejumlah pimpinan melakukan pertemuan dengan alumni dan pengurus Ikatan Alumni (Ika) Unpad di Ballroom Pullman Jakarta Indonesia Thamrin CBD, Jakarta, Kamis (12/3) malam.

Pertemuan bertajuk “Gala Dinner dan Malam Apresiasi Ika Unpad” ini diinisiasi oleh pengurus Ika Unpad. Kegiatan ini menjadi rangkaian dalam acara Musyawarah Besar dan Reuni Akbar dalam rangka pemilihan Ketua Umum Ika Unpad 2020 – 2024, April mendatang.

Rektor mengatakan, pertemuan ini menjadi strategis untuk mengomunikasikan berbagai capaian yang telah diraih sekaligus tantangan yang dihadapi Unpad. “Begitu banyak tantangan yang dihadapi. Tapi kami senang, karena kami akan dapat dukungan penuh dari para alumni,” kata Rektor.

Unpad telah dipercaya menjadi PTN Badan Hukum. Dengan menjadi PTN Badan Hukum, Unpad dipercaya Pemerintah untuk meningkatkan mutu secara mandiri berbekal jejaring yang dimiliki. Salah satu jejaring potensial adalah alumni.

“Dengan menjadi PTN BH, Unpad ditargetkan wajib masuk ke dalam peringkat 500 perguruan tinggi dunia,” tutur Rektor.

Untuk mewujudkan target ini, Rektor meminta masukan dari alumni. Berbagai ide kreatif dari alumni akan berperan dalam meningkatkan peringkat Unpad di tingkat dunia. Karena itu, alumni melalui organisasi Ika Unpad diharapkan menjadi mitra yang tidak terpisahkan dalam pengembangan kelembagaan universitas.

“Siapa pun akang/teteh yang akan menjadi Ketua Ika, mohon menjadi mitra kami yang paling dekat, karena kami memerlukan para alumni yang hebat-hebat,” ujarnya.

Alumni juga diharapkan menjadi inspirasi bagi para mahasiswa. Banyaknya alumni yang sukses dan menduduki posisi penting di dunia karier diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk meraih impiannya.

Dalam pertemuan itu, Rektor juga menyosialisasikan program Dana Abadi Padjadjaran. Program ini membuka peluang bagi alumni untuk memberikan donasi dalam rangka berkontribusi untuk pengembangan universitas.

Rektor menjelaskan, donasi yang terkumpul dalam Dana Abadi Padjadjaran ini akan disimpan selamanya dan diinvestasikan. Pendapatan atas hasil investasi inilah yang akan digunakan untuk pengembangan kampus. Bentuk donasi sendiri bisa berupa uang, asset, atau instrumen.

Ada lima aktivitas pemanfataan dari investasi Dana Abadi Padjadjaran. Lima aktivitas itu antara lain implementasi kampus hijau (Padjadjaran Khresna), penguatan inovasi dan riset (Padjadjaran Prakarsa), penguatan kebermanfaatan masyarakat (Padjadjaran Phrama), program beasiswa (Padjadjaran Bimapada), dan pengabdian pada masyarakat (Padjadjaran Dayawira).

“Insyaallah melalui Dana Abadi Padjadjaran, Unpad menjadi bermanfaat,” kata Rektor.

Pertemuan ini dihadiri langsung Ketua Ika Unpad Hikmat Kurnia dan Ketua Majelis Wali Amanat Unpad Rudiantara. Di sela pertemuan, pengurus Ika Unpad juga memberikan Lifetime Achievement Award kepada Rektor ke-9 Unpad, (alm) Prof. Himendra Wargahadibrata. Penghargaan diberikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Ika Unpad Prof. Muradi, PhD, kepada perwakilan keluarga Prof. Himendra.

Para alumni juga dipertontonkan pertunjukan terbaik dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lingkung Seni Sunda (Lises) dan Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unpad.*

Share this: