Menwa Unpad Gelar Pendidikan dan Latihan Dasar Kemiliteran

Rilis: Agus Purwanto

Pembina Menwa Yon II Unpad  Dr. Dadang Rachmat Hidayat, S.H, M.Si., menyematkan lencana kepada peserta Diklatsarmil Menwa Unpad dalam upacara penutupan yang digelar di halaman Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Minggu (27/1).*

[unpad.ac.id, 27/1/2020] Unit Kegiatan Mahasiswa Resimen Mahasiswa Mahawarman Batalyon II Universitas Padjadjaran (Menwa Yon II Unpad) telah menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar Kemiliteran (Diklatsarmil) pada 9-26 Januari lalu.

Sebanyak 24 peserta menjalani rangkaian kegiatan Diklatsarmil yang berlokasi di kampus Unpad Jatinangor, Pusdikif TNI AD, Ranca Upas, dan Gunung Manglayang. Pelaksanaan Diklatsarmil bertujuan membangun jiwa kepemimpinan, loyalitas, dan intelektualitas tinggi bagi anggota baru Menwa Yon II Unpad.

Kegiatan Diklatsarmil diakhiri dengan upacara penutupan yang digelar di halaman Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Minggu (27/1). Upacara penutupan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat militer dan kepolisian, satuan kawan Menwa Mahawarman, Korps Alumni Menwa Yon II Unpad, dan perwakilan UKM di lingkungan Unpad.

Pembina Menwa Yon II Unpad sekaligus Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Rachmat Hidayat, S.H, M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dalam amanatnya, Dr. Dadang berpesan kepada anggota baru Menwa Yon II Unpad, agar tetap semangat dan aktif dalam setiap kegiatan Menwa.

Komandan Menwa Yon II Unpad Moh. Rizal Fauzi Hamzah juga menyampaikan pesan serupa kepada anggota baru Menwa, “Saya berharap anggota baru Resimen Mahasiswa memiliki semangat tinggi, memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, serta menjadi kader bela negara yang dapat membantu mempertahankan kesatuan dan persatuan Negara Republik Indonesia.” Ujarnya.

Dalam Upacara penutupan tersebut dilaksanakan Pemasangan Baret Menwa oleh orangtua kepada siswa dan atraksi dari siswa pendidik Menwa Unpad, selain itu para siswa Diklatsarmil menampilkan yel-yel dan bela diri Merpati Putih, juga pematahan yang telah dipelajari selama pendidikan.(mdf)*

Share this: