Unpad Buka Layanan di Pameran Program Belajar Berbasis Riset Kemenristek-LIPI

Manajer

[unpad.ac.id, 20/12/2019] Universitas Padjadjaran berpartisipasi dalam Pameran Program Belajar Berbasis Riset dalam kegiatan Business Innovation Gathering yang digelar atas kerja sama Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Gedung Widya Graha LIPI, Jakarta, Kamis (20/12).

Manajer Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama Sekolah Pascasarjana Universitas Padjadjaran, Dr. Cipta Endyana, M.T., dalam Pameran Program Belajar Berbasis Riset dalam kegiatan Business Innovation Gathering yang digelar atas kerja sama Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Gedung Widya Graha LIPI, Jakarta, Kamis (20/12). (Foto: Safa Annisaa)*

Dalam pameran tersebut, tim Unpad diwakili Manajer Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama Sekolah Pascasarjana, Dr. Cipta Endyana, M.T. Salah satu hal yang dijelaskan dalam pameran tersebut adalah Program By Research.

“Unpad menyediakan Program By Research untuk Program Pascasarjana, dan sudah berlaku untuk semua jenjang Doktoral sejak tahun 2016/2017.” Dr. Cipta Endyana menjelaskan.

Program belajar berbasis riset (Degree by Research) adalah penugasan pejabat pembina kepegawaian kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk meningkatkan kompetensi melalui pendidikan formal berbasis penelitian, pengembangan, dan pengkajian ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa meninggalkan tugas kedinasan.

Melalui program belajar ini, target peningkatan hasil riset akan sekaligus diimbangi dengan peningkatan kualifikasi pendidikan dan kolaborasi risetnya dengan perguruan tinggi.

Saat ini pendaftaran Program Pascasarjana untuk jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3) masih dibuka, untuk ketentuannya bisa dipelajari melalui laman http://smup.unpad.ac.id.

Lebih lanjut lagi Dr. Cipta mengatakan, untuk jenjang Magister diwajibkan adanya artikel di jurnal nasional terakreditasi, sedangkan untuk Program Doktor wajib memiliki artikel di jurnal internasional terindeks Scopus Q3 atau sederajat saat berjalannya kurikulum by research di Pascasarjana.*

Laporan oleh Safa Annisaa/am

Share this: