Suasana

[unpad.ac.id, 20/12/2019] Program studi Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran menggelar Seminar Social Marketing bertema “Humanizing: The Experiencesdi Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Rabu (18/12).

Suasana seminar Social Marketing bertema “Humanizing: The Experiencesyang digelar Program studi Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Rabu (18/12).*

Acara tersebut menghadirkan beberapa penggiat dan praktisi social marketing, antara lain Pena Adiadipura sebagai praktisi social marketing tingkat nasional, Dr. Hery Wibowo selaku dosen Kesejahteraan Sosial FISIP Unpad, dan Asyifa Nurul selaku penggiat social marketing. Kegiatan ini dihadiri oleh para mahasiswa Kesejahteraan Sosial dari sejumlah perguruan tinggi dan beberapa peserta dari berbagai instansi.

Selain menghadirkan para praktisi, pada acara tersebut juga dipresentasikan 13 proyek social marketing yang telah dilakukan para mahasiswa program studi Kesejahteraan Sosial FISIP Unpad sebagai bagian dari tugas mata kuliah social marketing. Dalam mata kuliah tersebut, para mahasiswa diminta untuk melakukan kampanye sosial dengan memanfaatkan media sosial Instagram. Para mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan keberfungsian masyarakat melalui potensi positif yang dimiliki media sosial.

Salah satu produk kampanye yang dipresentasikan adalah tim Sorai Tubuhku yang berisi edukasi seksual di kalangan remaja, khususnya mengenai perilaku sexting serta dampaknya dalam kehidupan. Tim ini bekerja sama dengan PKBI untuk mengedukasi remaja seputar perilaku seksual dan kesehatan seksual.

Kampanye lain yang dipresentasikan yaitu tim Ask a Pro yang bergerak atas dasar kepedulian terhadap perilaku self-diagnose di masyarakat, terutama perilaku yang keliru dalam mendiagnosis diri sendiri berdasar informasi kesehatan mental yang didapat dari internet.

Selain itu, juga dipresentasikan kampanye sosial lain yang secara keseluruhan mengangkat isu terkait keberfungsian sosial yang seharusnya terjadi di kalangan remaja.

Keseluruhan kegiatan ini adalah sebagai wujud metode pembelajaran yang mendekatkan pada kebutuhan, disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Selain para mahasiswa dapat memahami materi Social Marketing, mereka pun terlibat secara aktif mengkampanyekan berbagai masalah sosial yang ada di masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi.*

Rilis: FISIP Unpad/art

Share this: