Kunjungan Kerja, Unpad Perluas Kerja Sama dengan Shanghai International Studies University

[unpad.ac.id, 20/12/2019] Pimpinan Universitas Padjadjaran melakukan kunjungan kerja ke Shanghai International Studies University (SISU) di Songjiang, Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok, 7 – 8 Desember lalu.

Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Prof. Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., (baris dua, ketujuh dari kiri) beserta Dekan Fakultas Ilmu Budaya Yuyu Yohana Risagarniwa, PhD., (baris tiga, kelima dari kiri) menghadiri acara “World University President Symposium on Disciplinary Development” dalam kunjungan kerja ke Shanghai International Studies University (SISU) di Songjiang, Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok, 7 – 8 Desember lalu.*

Pada kesempatan itu, pimpinan Unpad yang terdiri dari Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Prof. Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., beserta Dekan Fakultas Ilmu Budaya Yuyu Yohana Risagarniwa, PhD., membahas mengenai perpanjangan dan pengembangan kerja sama antara Unpad dan SISU.

Kerja sama yang dilakukan Unpad dan SISU sudah terjalin hampir 15 tahun. Sejak 2004, Unpad menyokong berdirinya jurusan Sastra Indonesia di School of Asia Africa Studies (SAAS) SISU. Dukungan diwujudkan berupa pengiriman tenaga pengajar bahasa Indonesia ke SISU secara berkala.

Pihak SISU juga mengirimkan mahasiswa untuk belajar di Unpad selama satu tahun. Lewat kunjungan tersebut, kerja sama akan diperluas, terutama mendorong mahasiswa Unpad untuk belajar bahasa Tiongkok di SISU. Ini didasarkan pada adanya program studi Bahasa dan Budaya Tiongkok yang sudah dibuka di FIB Unpad.

Selain pertukaran pelajar, kerja sama juga akan diperluas dengan rencana riset dan publikasi bersama. “Pada tahun 2020 direncanakan FIB Unpad dan SAAS SISU menerbitkan untuk pertama kali Buku Ajar Bahasa Sunda untuk Penutur Asing (Bagian I). Hal ini dilaksanakan sebagai percobaan bahan ajar yang akan terus dikembangkan selama satu tahun,” ujar Yuyu dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Prof. Keri dan Dr. Yuyu juga menghadiri undangan Dies Natalis Ke-70, Shanghai International Studies University (SISU) di Songjiang, Shanghai, China, serta menghadiri acara “World University President Symposium on Disciplinary Development”.

Acara “World University President Symposium on Disciplinary Development” merupakan pertemuan para pimpinan universitas dari 30 universitas mancanegara dan 20 universitas di Tiongkok guna berbagi pengalaman membangun universitas berstandar internasional. Unpad pun mengedepankan tema “Building Dynamic Eco-Humanistic Campuses”.*

Rilis: Indra Sarathan/am

Share this: