Kerja Sama dengan Rusia, FIB Unpad Miliki Pusat Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Rusia

Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran Yuyu Yohana Risagarniwa, M.Ed., Ph.D., bersama Dekan Fakultas Regional Studies dan Pendidikan Lintas Budaya Moscow Pedagogical State University (MPSU) Rusia Prof. Elena Aleksandrovna Omelchenko meresmikan Pusat Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Rusia "Russian Education Center" di Gedung Dekanat lantai 3 FIB Unpad, Senin (23/12) lalu. (Foto: Yuli Hantoro/FIB)*

[unpad.ac.id, 26/12/2019] Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Padjadjaran Yuyu Yohana Risagarniwa, M.Ed., Ph.D., bersama Dekan Fakultas Regional Studies dan Pendidikan Lintas Budaya Moscow Pedagogical State University (MPSU), Rusia, sekaligus Anggota Dewan dan Direktur Jenderal ANO Etnosfera Prof. Elena Aleksandrovna Omelchenko meresmikan Pusat Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Rusia yang berlokasi di Gedung Dekanat lantai 3 FIB Unpad, Senin (23/12) lalu.

Pusat Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Rusia berdiri atas kerja sama FIB Unpad dengan Organisasi non-profit Pusat Pendidikan Lintas Budaya (Federasi Rusia) atau ANO Etnosfera.

“Kami sangat senang dan sangat menyambut hangat atas kerja sama dan dukungan pihak Rusia khususnya kepada prodi Sastra Rusia FIB Unpad, berupa bantuan berbagai fasilitas, yang tentunya nanti semua fasilitas ini akan sangat bermanfaat bagi upaya lebih meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Rusia sekaligus lebih mengenalkan lagi budaya Rusia, tidak hanya bagi mahasiswa tetapi juga bagi seluruh sivitas akademika dan juga masyarakat umum,” ujar Yuyu.

Pusat Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Rusia FIB Unpad merupakan pusat pengembangan program pendidikan dan pengajaran Bahasa Rusia jarak jauh yang didukung oleh tenaga-tenaga kompeten. Selain itu, juga sebagai pusat kegiatan kebudayaan, pendidikan, dan informasi yang bertujuan untuk pengembangan ilmu pengetahuan bahasa dan budaya Rusia di Republik Indonesia.

Di hari yang sama, ditandatangani naskah kerja sama oleh Dekan FIB Unpad dengan Anggota Dewan dan Direktur Jenderal ANO Etnosfera, Prof. Elena Alexandrovna Omelchenko. Penandatanganan naskah kerja sama diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan Federasi Rusia dan didukung oleh Fakultas Regional Studies dan Pendidikan Lintas Budaya Moscow Pedagogical State University (MPSU).

Selain dalam rangka pendirian Pusat Pendidikan dan Pengajaran, naskah kerja sama ditandatangani diantaranya untuk pengembangan kerja sama ilmu pengetahuan,  pendidikan, dan budaya, dengan penekanan pada hubungan persahabatan antara negara Federasi Rusia dengan Republik Indonesia.

Manajer Riset dan Kerja Sama FIB Unpad, Taufik Ampera, M.Hum., menyampaikan harapan agar kerja sama tersebut juga bisa dikembangkan pada hal-hal lain seperti pertukaran mahasiswa, peningkatan kompetensi dosen, program double degree, join research, dan bentuk kerja sama lainnya.

Pada rangkaian acara penandatangan kerja sama tersebut, dilaksanakan pula seminar dengan tema “Bahasa dan Budaya Rusia di Era Modern”. Pada seminar tersebut delegasi dari Fakultas Regional Studies dan Pendidikan Lintas Budaya MPSU menyampaikan topik-topik yang menarik terkait dengan perkembangan bahasa dan budaya Rusia di era modern. Kegiatan seminar, selain dihadiri oleh dosen dan mahasiswa dari Program Studi Sastra Rusia juga dihadiri oleh komunitas peminat budaya Rusia yang ada di Bandung.*

Rilis: FIB Unpad/art

Share this: