Pusat Studi CSR, Kewirausahaan Sosial, dan Pemberdayaan Masyarakat FISIP Unpad Bersama BKKBN Jawa Barat Gelar Lokakarya Kependudukan

[unpad.ac.id, 2/10/2019] Pusat Studi CSR, Kewirausahaan Sosial, dan Pemberdayaan Masyarakat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Sub Bidang Analisa Dampak Kependudukan Bidang Pengendalian Penduduk Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat menggelar lokakarya mengenai perumusan isu mengenai dampak pengendalian penduduk.

Guru besar Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA, menjadi pembicara dalam lokakarya digelar di Ruang Seba Guna Gedung 1 Lantai 3 Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 35 Bandung, Senin (23/9).*

Lokakarya digelar sebagai bagian dari upaya menentukan strategi dan intervensi kebijakan dalam rangka mengatasi masalah kependudukan yang ada. Acara tersebut digelar di Ruang Seba Guna Gedung 1 Lantai 3 Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 35 Bandung, Senin (23/9).

Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah pimpinan yang membidangi penelitian dan pengabdian pada masyarakat di perguruan tinggi di Jawa Barat, antara lain, Unpad, Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Universitas Islam Bandung, dan Universitas Pasundan.

Acara ini juga diikuti oleh perwakilan dari Koalisi Kependudukan Jawa Barat, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Agama Jawa Barat, Forum Antar Umat Beragama Peduli Keluarga, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Jawa Barat, Badan Pusat Statistik, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dan BKKBN Provinsi Jawa Barat.

Bertindak sebagai narasumber adalah Prof. Dr. Ganjar Kurnia, DEA yang memaparkan mengenai strategi dalam menyongsong bonus demografi, Dr. Budi Rajab yang memaparkan mengenai isu-isu dampak pembangunan terhadap kependudukan, dan Drs. S. Teguh Santoso, M.Pd., yang memaparkan mengenai kebijakan dan strategi BKKBN dalam  lingkup bidang pengendalian penduduk.

Setelah pemaparan para pembicara, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi. Para peserta terbagi ke dalam tiga kelompok yang masing-masing membahas satu diantara tiga isu, yaitu fertilitas, mortalitas, dan mobilitas serta ketenagakerjaan.*

Rilis/art

Share this: