Kampanye Kurangi Sampah Plastik, Unpad Akan Gelar “Pangandaran Run 2019”

[unpad.ac.id, 17/10/2019] Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Padjadjaran di Pangandaran bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pangandaran kembali mengelar “Pangandaran Run 2019” di kawasan Pangandaran, pada 26 Oktober 2019. Tahun ini, event lari berskala nasional ini mengusung gerakan cinta lingkungan dengan mengurangi sampah plastik.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., didampingi Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik Unpad Aulia Iskandarsyah, M.Psi., PhD, dan Kepala Kantor Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Unpad Pangandaran Dr. Bambang Hermanto, M.Si., dalam jumpa pers pelaksanaan “Pangandaran Run 2019” di Unpad Training Center, Jalan Ir. H. Djuanda No. 4, Bandung, Kamis (17/10). (Foto: Arief Maulana)*

Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE., mengatakan, “Pangandaran Run 2019” digelar sebagai bentuk pelestarian lingkungan sesuai dengan Pola Ilmiah Pokok Unpad “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional”. Selain itu, acara ini juga digelar sebagai  bagian dari peringatan Dies Natalis ke-62 Unpad dan ulang tahun ke-7 Kabupaten Pangandaran.

“Nanti akan diusung bahwa kita akan mengurangi sampah plastik, terutama di kawasan Pangandaran, di Kabupaten Pangandaran  termasuk di kampus Unpad di Pangandaran,” ujar Rektor dalam Jumpa Pers Pangandaran Run 2019 di Unpad Training Center, Jalan Ir. Djuanda No. 4, Bandung, Kamis (17/10).

Rektor pun berharap, pesan cinta lingkungan yang disampaikan melalui “Pangandaran Run” dapat diterima dengan baik. Selain sivitas akademika Unpad, acara ini juga akan diikuti oleh masyarakat umum.

“Pesan penyampaian cinta lingkungan ini kalau disampaikan dengan medianya lari bersama secara fun, itu barangkali akan menjadi efektif,” harap Rektor.

Terdapat dua kategori lari dalam “Pangandaran Run 2019”, yaitu lari jarak 5 km dan 10 km. Rute yang akan ditempuh pun menarik, yaitu melalui pesisir Pantai Barat Pangandaran, sehingga peserta dapat berlari sembari disuguhkan keindahan wisata alam Pangandaran.

Pangandaran Run kali ini menyediakan hadiah total puluhan juta rupiah bagi para pemenang dan doorprize keliling Eropa untuk satu orang peserta. Acara ini juga akan menghadirkan suguhan hiburan yang menarik dari para bintang tamu.

Project Officer Pangandaran Run 2019 Iis Diyanah Nurfikria mengatakan bahwa pendaftaran masih dibuka hingga 25 Oktober 2019. Bagi yang tertarik untuk menjadi peserta Pangandaran Run dapat mendaftar melalui website https://pangandaranrun.com/ atau dapat mencari informasi lengkapnya di Instagram @pangandaran_run.

Terdapat dua harga tiket yang berbeda tergantung dari jarak rute lari yang akan diikuti. Setiap peserta Pangandaran Run akan mendapat racepack berupa kaos, tas serut, nomor BIB, dan medali finisher.

Selain itu, peserta juga dapat membeli tiket dengan menukarkan sampah plastik dengan jumlah yang ditentukan panitia. Program sosial Pangandaran Run ini juga sebagai wujud kontribusi terhadap Program Bank Sampah Provinsi Jawa Barat.

“Sampahnya itu akan kami daur ulang,” ujar Iis.

Acara jumpa pers Pangandaran Run tersebut juga menghadirkan Kepala Kantor PSDKU Unpad Pangandaran Drs. Bambang Hermanto, M.Si dan Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik Aulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc., PhD.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

Share this: