Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Maybrat Papua Barat Jalin Kerja Sama dengan Unpad

[unpad.ac.id, 25/9/2019] Pemerintah Kabupaten Maybrat Papua Barat menjalin kerja sama dengan Universitas Padjadjaran. Kerja sama dilakukan dalam rangka pengembangan kualitas sumber daya manusia di Maybrat.

Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., menandatangani Nota Kesepahaman dengan Bupati Maybrat, Papua Barat, Bernard Sagrim, di ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Rabu (25/9). (Foto: Arief Maulana)*

Kerja sama tersebut diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Bupati Maybrat Bernard Sagrim dan Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., di ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Rabu (25/9).

Bernard menjelaskan, pengembangan kualitas SDM menjadi salah satu visi misi dari kepemimpinannya. Utamanya mempersiapkan tenaga Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ahli di bidangnya.

Menanggapi rencana kerja sama tersebut, Prof. Rina menyampaikan, Unpad siap untuk membantu peningkatan mutu SDM di Maybrat. “Kita siap membantu, apakah lewat jenjang pendidikan atau pelatihan, kita siap penuhi,” kata Prof. Rina.

Terkait kesempatan studi lanjut, Prof. Rina mendorong agar kerja sama pendidikan mencakup seluruh bidang ilmu di Unpad. Tidak hanya terkait administrasi publik, Unpad membuka kesempatan bagi Pemkab Maybrat untuk mendapatkan beragam pendidikan dan pelatihan pada bidang ilmu lainnya.

“Manakala perlu bidang lain, katakan saja pelatihan mencegah stunting atau membuat sistem informasi keuangan, itu silakan saja. Nanti FISIP bisa melibatkan tenaga dosen atau profesional di bidang lain,” jelasnya.

Selain pendidikan, Unpad juga membuka kerja sama penelitian dengan Pemkab Maybrat. Beragam kajian ini bisa menjadi salah satu aspek untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia di Maybrat.

Dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut, hadir Wakil Rektor bidang Riset, Pengabdian pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., serta Dekan FISIP Unpad Dr. R. Widya Setiabudi S.*

Laporan oleh Arief Maulana

Share this: