Sembilan Peserta Penjaringan Bakal Calon Rektor Unpad 2019-2024 Tandatangani Komitmen Bersama

[unpad.ac.id, 2/9/2019] Sembilan peserta penjaringan Bakal Calon Rektor Universitas Padjadjaran periode 2019-2024 menandatangani komitmen bersama terkait pelaksanaan penjaringan Bakal Calon Rektor sebagai bagian dari tahapan pemilihan Rektor Unpad 2019-2024.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unpad 2019-2024 Dr. Soni A. Nulhaqim, M.Si., dalam jumpa pers terkait proses penjaringan Bakal Calon Rektor Unpad 2019-2024 yang digelar di ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 35, Bandung, Senin (2/9). (Foto: Atep Rustandi)*

Penandatanganan komitmen dilakukan dalam jumpa pers yang digelar di ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 35, Bandung, Senin (2/9). Penandatanganan ini disaksikan Wakil Ketua Majelis Wali Amanat Unpad Prof. Dr. Ida Nurlinda, M.H., serta Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unpad 2019-2024 Dr. Soni A. Nulhaqim, M.Si.

Ada enam butir komitmen yang disepakati oleh 9 peserta. Enam butir tersebut antara lain, menyukseskan proses Pemilihan Rektor Unpad 2019-2024 secara jujur, adil, dan bermartabat; melakukan sosialisasi pemilihan rektor secara bersih tanpa masalah; memelihara persatuan dan kesatuan kehidupan kampus Unpad serta menjaga atmosfer akademik yang kondusif dan harmonis.

Butir selanjutnya, tidak melakukan kampanye hitam dan politisasi SARA ataupun tindakan tidak terpuji lainnya; menjunjung tinggi kepentingan Unpad di atas kepentingan pribadi dan kelompok; serta menaati seluruh peraturan yang telah ditetapkan dalam proses pemilihan rektor.

Dr. Soni mengatakan, proses penjaringan Bakal Calon Rektor merupakan tahapan selanjutnya dari tahap pendaftaran dan verifikasi. Dari tahap verifikasi, MWA telah mengumumkan nama 9 peserta yang dinyatakan memenuhi kelengkapan, kesesuaian, dan keabsahan persyaratan administrasi sesuai dengan Peraturan MWA Unpad Nomor 1 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pemilihan, Penetapan, dan Pelantikan Rektor Universitas Padjadjaran.

Secara alfabetis, 9 nama peserta penjaringan Bakal Calon Rektor Unpad tersebut antara lain: Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, dr., Sp.M(K)., M.Kes., Ph.D.  Dr. Arry Bainus, M.A., Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc., Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum., Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., MSIE., Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., CA., Dr. Toni Toharudin, M.Sc., dan Prof. Dr. Unang Supratman, M.Si.

“Proses penjaringan Bakal Calon Rektor akan dilakukan oleh dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan,” ujar Dr. Soni.

Proses penjaringan, lanjut Dr. Soni, dilakukan secara daring mulai tanggal 5 – 8 September. Hasil penjaringan akan diumumkan ke publik oleh MWA Unpad.

“Tahap penjaringan ini ditujukan menghasilkan popularitas peserta penjaringan  Bakal Calon Rektor yang dipilih oleh sivitas akademika dan tenaga kependidikan, bukan menilai peserta dari segi kualitas, kapabilitas, dan kapasitasnya,” jelas Dr. Soni.

Dalam jumpa pers yang dihadiri sejumlah awak media tersebut, setiap peserta penjaringan Bakal Calon Rektor Unpad 2019-2024 dipersilakan menyampaikan ringkasan program dan gagasannya selama lima menit. Selain itu, setiap peserta juga dipersilakan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh para awak media.*

Laporan oleh Arief Maulana
Share this: