Oorange Unpad dan Mandiri Capital Indonesia Akselerasi Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa

Direktur Kerja Sama dan Korporasi Akademik

[unpad.ac.id, 29/8/2019] Pusat Inkubasi Bisnis (Oorange) Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Mandiri Capital Indonesia (MCI) menggelar program akselerasi untuk mendukung perkembangan usaha rintisan (startup) di Unpad. Acara “Kick Off Event OorangexMCI Acceleration Program 2019” digelar di Bale Sawala Unpad, Jatinangor, Kamis (29/8) kemarin.

Direktur Kerja Sama dan Korporasi Akademik Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A(K), M.Kes., (ketiga dari kanan) saat membuka acara “Kick Off Event OorangexMCI Acceleration Program 2019” digelar di Bale Sawala Unpad, Jatinangor, Kamis (29/8) kemarin. (Foto: Dany Firmasyah)*

Acara pertemuan pembuka ini bertujuan untuk memberi pembekalan singkat kepada peserta. Kegiatan OorangexMCI Acceleration Program sendiri akan dilaksanakan hingga akhir tahun 2019.

Ketua Oorange Unpad, Diana Sari, M.Mgt., Ph.D., menyatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan peserta yang hadir.

“Kami berharap agar jiwa kewirausahaan terus tumbuh di lingkungan Universitas Padjadjaran, tidak hanya untuk mahasiswa tapi juga seluruh staf dan para dosen pengajar,” singkatnya.

Pada kesempatan tersebut, diumumkan sebelas usaha rintisan  yang berhasil lolos menjadi peserta Acceleration Program 2019. Nantinya, seluruh peserta tersebut akan menjadi binaan MCI untuk terus berkembang. Salah satu peserta dari program ini merupakan hasil Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Kewirausahaan yang berasal dari Desa Kutamandiri, Kabupaten Sumedang.

Dijelaskan Direktur Kerja Sama dan Korporasi Akademik, Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A(K), M.Kes., program ini akan berlangsung selama 3 bulan dengan konten yang diharapkan dapat memfasilitasi peserta untuk lebih dekat dengan calon investor.

“Selama tiga bulan, startup ini akan dilakukan pembinaan dengan workshop yang nantinya setiap produk dari peserta akan siap untuk dihilirisasikan. Di akhir program ini, akan diadakan Startup Demo Day, nantinya akan kita hadirkan investor dan diharapkan ada kerja sama dengan peserta program ini,” jelas Prof. Budi.

Selain itu, Prof. Budi berharap agar seluruh peserta program pembinaan ini dapat bersungguh-sungguh mengikuti setiap rangkaian Acceleration Program 2019. Diharapkan juga di akhir program ini startup hasil binaan  dapat berkembang menjadi perusahaan besar.

“Selamat untuk seluruh startup yang berhasil mengikuti program ini, mohon selama tiga bulan itu dengan seksama mengikuti kegiatannya, memahami semua yang disampaikan oleh MCI dan OoRANGE Unpad. Diharapkan semua start up ini dapat berkembang menjadi lebih maju,” pungkasnya.

Kesebelas usaha rintisan tersebut antara lain, MulaiDisini, Amorina, Saudagar, YourSocks, Motostation, KlikTrip, Cancimen, Mango Day, RoboKop, Cepat Lulus, dan BuBiBu yang merupakan hasil dari KKN Tematik Kewirausahaan 2019.*

Laporan oleh Dimas Rifky Anggriawan/art

Share this: