Logo Unpad.*

[unpad.ac.id, 1/8/2019] Empat kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Padjadjaran dinyatakan lolos sebagai peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-32 tahun 2019 yang akan dilaksanakan di Universitas Udayana, Bali, 27 – 31 Agustus 2019 mendatang. Jumlah tersebut terdiri dari 3 kelompok PKM Penelitian Eksakta (PKMPE) dan 1 kelompok PKM Kewirausahaan (PKMK).

Logo Unpad.*

Kelompok PKMPE Unpad yang akan maju ke Pimnas ke-32  yaitu “Kompor Lansia” atau “Komposit Hidroksiapatit-Lantanum Oksida dari Cangkang Telur Ayam dengan Metode Hidrotermal” yang diketuai Geofanny Sarah, “Pendingin Gelembung Nano untuk Mengatasi Kegagalan Sistem Pendingin Aktif Reaktor Nuklir” yang diketuai Try Hutomo Putra, dan “Validasi Metode Pemisahan Teknesium-99m-Alfa mangostin dan Iodium-131-Alfa mangostin sebagai Pendeteksi Kanker Payudara Baru menggunakan HPLC Gamma-Counter” yang diketuai Luthfi Utami Setyawati.

Sementara kelompok PKMK yang akan berlaga di Pimnas yaitu “Plesetan” atau “Plester Penutup Luka Turbinaria ornata: Inovasi Penutup Luka Alami Hasil Pemanfaatan Bahan Bahari dengan Ketua Kelompok Dede Jihan Oktaviani.

Koordinator Pembina PKM Unpad Dr. Cukup Mulyana, MS mengungkapkan, sebagai persiapan menghadapi Pimnas, para peserta tersebut kembali akan mendapatkan pembekalan dari tim pembina PKM Unpad. Pembekalan dilakukan di antaranya untuk mematangkan teknik presentasi, poster, dan sebagainya.

“Tentu saja semua tim harus mempersiapkan diri karena Pimnas jauh lebih berat dari Monev Eksternal. Jadi semuanya harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, mulai dari kontennya, presentasinya, posternya, kesiapan mentalnya, itu harus betul-betul dipersiapkan,” ujar Dr. Cukup.

Dr. Cukup menilai, tim PKM Unpad memiliki kekuatan imbang dengan perguruan tinggi lain. Ia pun berharap Unpad dapat memperoleh hasil terbaik di Pimnas.

“Kita mengharapkan tentu saja dapat medali. Tergantung persiapan kita juga. Karena imbang dengan perguruan tinggi lain sebetulnya,” ujar Dr. Cukup.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

Share this: