Delegasi Pimnas Unpad Mulai Pamerkan Produk dan Poster

Suasana Penjurian Pameran Poster dan Gelar Produk pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-32 di Universitas Udayana, Bali, Rabu (28/8). (Foto: Purnomo Sidik)*

[Unpad.ac.id, 28/8/2019] Empat kelompok PKM Universitas Padjadjaran mulai mengikuti pameran poster dan gelar produk pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-32 yang digelar di Gedung Auditorium Widya Sabha, Universitas Udayana (Unud), Bali, Rabu (28/8). Seluruh delegasi Unpad siap bersaing dan optimistis mendapatkan medali.

Suasana Penjurian Pameran Poster dan Gelar Produk pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-32 di Universitas Udayana, Bali, Rabu (28/8). (Foto: Purnomo Sidik)*

“Hari ini kita dinilai poster, dan mudah-mudahan dapat medali. Kesempatan untuk mendapatkan medali kita ada,” ujar salah satu dosen pendamping tim Unpad, Prof. Muchtaridi, Ph.D.

Dalam proses penjurian poster dan gelar produk, setiap tim diwakili satu orang peserta untuk mempresentasikan hasil karyanya kepada juri. Penilaian poster ini juga berpengaruh dalam penilaian keseluruhan lomba dalam penentuan Juara Umum Pimnas. Secara keseluruhan, ada 460 tim yang berlaga di ajang ini.

Lebih lanjut Prof. Muchtaridi menjelaskan, setelah penilaian poster akan dilaksanakan pengundian untuk menentukan waktu presentasi. Dalam presentasi ini satu ruangan akan diikuti 20 kelompok.

“Jadi tim Unpad harus siap dengan hasil undian setelah penilaian poster ini, apakah presentasi sekarang atau besok,” ungkapnya.

Adapun Empat kelompok Program PKM Unpad yang berjuang di Pimnas ke-32 ini meliputi tiga kelompok PKM Penelitian Eksakta (PKMPE) dan satu kelompok PKM Kewirausahaan (PKMK).

Kelompok PKMPE Unpad tersebut yaitu “Kompor Lansia” atau “Komposit Hidroksiapatit-Lantanum Oksida dari Cangkang Telur Ayam dengan Metode Hidrotermal” yang diketuai Geofanny Sarah, “Pendingin Gelembung Nano untuk Mengatasi Kegagalan Sistem Pendingin Aktif Reaktor Nuklir” yang diketuai Try Hutomo Putra, dan “Validasi Metode Pemisahan Teknesium-99m-Alfa mangostin dan Iodium-131-Alfa mangostin sebagai Pendeteksi Kanker Payudara Baru menggunakan HPLC Gamma-Counter” yang diketuai Luthfi Utami Setyawati.

Sementara kelompok PKMK yang akan berlaga di Pimnas yaitu “Plesetan” atau “Plester Penutup Luka Turbinaria ornata: Inovasi Penutup Luka Alami Hasil Pemanfaatan Bahan Bahari dengan Ketua Kelompok Dede Jihan Oktaviani.

“Kita berharap dukungan dan doanya dari teman-teman semua, agar diberikan kemudahan dan mendapatkan medali di sesi presentasi,” harap Prof. Muchtaridi. *

Laporan oleh Purnomo Sidik/art

Share this: