Unpad dan Kemenko Maritim Berangkatkan 25 Mahasiswa KKN ke Maluku Tengah

[unpad.ac.id, 4/7/2019] Sebanyak 25 mahasiswa Universitas Padjadjaran akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) di Kabupaten Maluku Tengah, 9 Juli hingga 9 Agustus 2019 mendatang. Kegiatan ini merupakan wujud kerja sama Unpad dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI.

Suasana pembekalan terakhir dan pelepasan secara simbolis mahasiswa peserta  Kuliah Kerja Nyata Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) di Kabupaten Maluku Tengah, 9 Juli hingga 9 Agustus 2019 mendatang. (Foto: Tedi Yusup)*

Dalam kegiatan KKN ENJ tahun ini, mahasiswa akan terbagi ke dua desa, yaitu Wakasihu dan Liliboi, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah. Mahasiswa akan didampingi oleh dua dosen Unpad, yaitu Dr. Noladhi Wicaksana (Fakultas Pertanian) dan Anas Bunyamin, S.TP., M.Si. (Fakultas Teknologi Industri Pertanian).

“Mereka adalah mahasiswa terpilih, karena yang mendaftar ratusan,” ungkap Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S. pada acara Pembekalan Terakhir dan Pelepasan Mahasiswa KKN ENJ Unpad di Bale Rucita, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Kamis (4/7).

Kepada para mahasiswa Prof. Wawan pun berpesan agar senantiasa menjaga sikap dan perilaku, terutama ketika berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Nama baik Unpad pun harus selalu dijaga.

Sementara itu, Kepala Bagian Program Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Budaya Maritim RI Dr. Andreas Dipi Patria, S.Pi., M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan karakteristik bangsa kepada para pemuda.

Kegiatan ini sendiri sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 yang pada saat itu terbuka untuk umum. Sejak dua tahun terakhir, ENJ ditransformasikan dalam bentuk KKN di perguruan tinggi.

“Model seperti ini bisa menjadi kesempatan bagi kalian untuk belajar bagaimana lingkungan dan karakteristik negara kita. Sehingga nanti bisa memperkokoh keyakinan kalian dalam bidangnya masing-masing,” ujar Dr. Andreas.

Ia menilai, KKN ENJ menjadi kesempatan bagi para peserta untuk memperluas jejaring dan peluang kerja sama. Selain itu, ketika mahasiswa bertemu dan berinteraksi dengan berbagai karakter, dapat menjadi bekal ketika memasuki dunia pekerjaan dan berkiprah langsung di tengah masyarakat.

Dr. Andreas juga berpesan agar para mahasiswa dapat menjaga kekompakan dan membangun kerja sama yang baik dalam tim. Menurutnya, keterampilan ini juga penting dimiliki saat menghadapi dunia kerja nanti.

“Ini juga media pembelajaran kalian untuk bagaimana me-manage komunikasi antar kalian dan membangun tim kerja yang baik, yang solid, yang kompak di lapangan. Nah kalau kalian sukses itu, itulah semuanya modal dasar kalian nanti menghadapi lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Dr. Andreas juga berharap kegiatan ini dapat diadopsi oleh setiap perguruan tinggi. Meski tanpa Kemenko Maritim sebagai eksekutor, diaharapkan kegiatan ini dapat terus berlangsung untuk mengenalkan karakteristik bangsa ini kepada generasi muda.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

 

Share this: