Hari Kedua Pelaksanaan MAT Jalur Mandiri Berjalan Lancar

[unpad.ac.id, 7/7/2019] Hari kedua pelaksanaan Mobile Assisted Testing (MAT) Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran program Sarjana Jalur Mandiri, Minggu (7/7) berjalan lancar. Sekira 3.000 peserta mengikuti MAT pada hari kedua.

Sejumlah peserta mengikuti pelaksanaan Mobile Assisted Test Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran program Sarjana Jalur Mandiri yang digelar di kampus Jatinangor, Minggu (7/7). Hari kedua pelaksanaan MAT berlangsung lancar. (Foto: Tedi Yusup)*

“Alhamdulillah, pelaksanaan MAT hari ini aman terkendali. Semua kendala teknis dan nonteknis sudah teratasi,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Arry Bainus, M.A., Minggu (7/7).

Di hari pertama, pelaksanaan MAT sempat mengalami kendala di aspek teknis pada server milik Unpad. Akibatnya, sebagian besar peserta tidak bisa melaksanakan ujian. Dari 2.343 peserta yang mengikuti MAT di hari pertama, hanya 96 peserta yang berhasil menyelesaikan ujian walaupun sempat terlambat beberapa jam.

Karena itu, Unpad telah mengumumkan bahwa bagi peserta MAT hari pertama, baik pada sesi 1 dan sesi 2 yang tidak bisa melaksanakan ujian karena terkendala oleh masalah server, pelaksanaannya ditunda hingga pekan depan, Sabtu (13/7), dengan lokasi dan waktu ujian yang disesuaikan.

Bagi peserta yang tidak dapat mengikuti ujian pada jadwal tersebut, Unpad mengupayakan solusi alternatif pemindahan jadwal ujian antara Senin (8/7) hingga Jumat (12/7).

“Unpad menyediakan penggantian kerugian untuk biaya transportasi (tiket, bensin, tiket tol) untuk peserta. Bagi peserta yang hendak meminta penggantian biaya, akan didata melalui Unit Layanan Terpadu dan melalui layanan email humas@unpad.ac.id mohon menyertakan informasi data pendaftaran,” ujar Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Syauqy Lukman, M.S.M.

Syauqy memastikan, kendala yang terjadi pada hari pertama kemarin munri merupakan kejadian yang tidak terduga (force majeur). Unpad sendiri telah mengupayakan sejumlah perbaikan pada sistem ujian.

Seleksi Jalur Mandiri untuk program Sarjana diikuti sekira 5.140 peserta. Pelaksanaan ujian berbasis Android tersebut digelar di beberapa lokasi di kampus Jatinangor.*

Laporan oleh Arief Maulana

Share this: