Peserta yang Lulus SNMPTN Tidak Bisa Mendaftar SBMPTN

Logo Unpad.*

[unpad.ac.id, 8/5/2019] Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Dr. Arry Bainus, M.A., mengingatkan kepada peserta yang dinyatakan lulus SNMPTN agar melakukan registrasi administratif. Pasalnya, seseorang yang sudah dinyatakan lulus SNMPTN tidak akan bisa mendaftar SBMPTN. Sistem akan memblokir otomatis peserta apabila diketahui akan mendaftar SBMPTN.

Logo Unpad.*

Saat ditemui Kantor Komunikasi Publik Unpad di ruang kerjanya, Rabu (8/5), Dr. Arry mengatakan, kebijakan ini merupakan kesepakatan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) selaku lembaga mandiri penyelenggara ujian masuk perguruan tinggi dengan sejumlah Rektor perguruan tinggi negeri se-Indonesia.

“Baca sungguh ketentuannya, LTMPT sudah menyatakan hal itu dan diikuti oleh keputusan para Rektor di Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI),” ujarnya.

Meski demikian, ada peserta yang mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Hal ini diperbolehkan dengan catatan nilai UTBK-nya tidak bisa digunakan sebagai basis penilaian untuk mendaftar SBMPTN. “Walaupun nilai UTBK-nya tinggi dan potensinya bisa masuk ke prodi yang diinginkan, kalau SNMPTN-nya lulus ya sudah dia harus mengambil SNMPTN-nya,” imbuh Dr. Arry.

Karena itu, lanjut Dr. Arry, peserta diwajibkan untuk mengambil hasil SNMPTN. Jika dibiarkan, maka ia tidak akan memiliki peluang lagi di SBMPTN.

“Singkatnya, jangan menyia-nyiakan. Karena pilihan di SNMPTN ‘kan pilihan yang bersangkutan juga,” kata Dr. Arry.*

Laporan oleh Arief Maulana

Share this: