Persatuan di Tengah Kemajemukan Kunci Kebangkitan Bangsa

[unpad.ac.id, 20/5/2019] Memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh setiap 20 Mei, Universitas Padjadjaran menggelar Upacara Peringatan ke-111 Hari Kebangkitan Nasional yang digelar di halaman Kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Senin (20/5).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Dr. Arry Bainus, M.A., membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara saat menjadi Pembina Upacara pada Upacara Peringatan ke-111 Hari Kebangkitan Nasional yang digelar di halaman Kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Senin (20/5). (Foto; Tedi Yusup)*

Pada upacara tersebut, dibacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A., selaku Pembina Upacara. Dalam sambutan tersebut, Menkominfo mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mempertahankan persatuan dan kesatuan.

Lebih dari satu abad Indonesia telah menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa. Hingga detik ini, Indonesia masih mampu menjaga persatuan di tengah kemajemukan bahasa, suku, agama, dan kebudayaan.

“Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia,” ucap Dr. Arry.

Dr. Arry membacakan, sikap yang mencerminkan persatuan Indonesia adalah gotong royong. Semangat ini telah mengakar dan menyebar di seluruh Nusantara. Ini dibuktikan dengan berbagai ungkapan tentang kearifan mengutamakan persatuan yang terdapat di seluruh suku, adat, dan budaya yang ada di Indonesia.

“Sejatinya jiwa gotong-royong bukanlah semangat yang sudah renta. Sampai kapan pun semangat ini akan senantiasa relevan, bahkan semakin mendesak sebagai sebuah tuntutan zaman yang sarat dengan berbagai perubahan,” ujarnya.*

Laporan oleh Arief Maulana

Foto oleh Tedi Yusup dan Dani Firmansyah

 

Share this: