Unpad Raih Peringkat ke-6 Nasional pada THE University Impact Rankings 2019

UKT
Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran i. (Foto: Dok. Humas Unpad)*

[unpad.ac.id, 4/4/2019] Universitas Padjadjaran meraih peringkat ke-6 nasional dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) University Impact Rankings tahun 2019 yang baru saja dirilis, Rabu (3/4) lalu. Pemeringkatan ini mengukur tingkat keberhasilan perguruan tinggi dunia dalam mengimplementasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Logo Unpad.*

“Penilaian THE University Impact Rankings 2019 berdasarkan 17 poin dalam SDGs yang dinilai satu-satu dengan data, link data, link bukti, serta kedalaman program,” ujar Kepala Kantor Internasional Unpad dr. Ronny, M.Kes., AIFO, PhD, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (4/4).

Data dan bukti tersebut menghasilkan poin dan parameter penilaian. Dua aspek ini yang menjadi dasar dari THE untuk menentukan peringkat perguruan tinggi berdasarkan implementasi SDGs-nya. Tahun ini, penilaian dilakukan terhadap perguruan tinggi dari 76 negara di dunia.

Dari penilaian yang dilakukan, Unpad unggul pada beberapa poin, yaitu Good Health and Wellbeing (SDGs Point 3) berada pada peringkat 101-200, Decent Work and Economic Growth (SDGs Point 8) dengan poin 34,6-53,8 berada pada peringkat 101-200, dan Industry, Innovation, and Infrastructure (SDGs Point 9) dengan poin 30,3-50,6.

Selanjutnya, Peace, Justice, and Strong Institutions (SDGs Point 16) dengan poin 40,8-61,3 berada pada peringkat 101-200, serta Partnership for the Goals (SDGs Point 17) dengan poin 1,4 – 35,8 berada pada peringkat 301+. Secara keseluruhan di tingkat dunia, Unpad menduduki peringkat 301+.

Ronny menjelaskan, data yang diajukan dalam pemeringkatan ini diperoleh berdasarkan koordinasi intens dengan pihak SDGs Center, selaku pusat unggulan Unpad yang memiliki perhatian kuat pada bidang SDGs. Beragam data yang didapat diperoleh dari laman Unpad maupun laman SDGs Center.

“Berdasarkan data yang di-submit, kita mendapatkan feedback yang cukup baik,” kata Ronny.

Pemeringkatan ini merupakan edisi pertama yang dilakukan THE. Pemeringkatan ini merupakan satu-satunya pemeringkatan yang menilai kinerja tridarma perguruan tinggi dalam ketercapaian SDGs.

Dari hasil pemeringkatan tersebut, ada refleksi yang bisa menjadi loncatan kinerja Unpad ke depan. Ronny mengatakan, diperkirakan masih ada data program yang belum terdeteksi secara sempurna. Sistem pendataan juga harus lebih dipertajam.

“Diharapkan, branding dan sosialisasi program SDGs bisa lebih luas lagi, sehingga aksesibilitas berita tentang SDGs bisa komprehensif. Kalau ini lebih detail kita dapatkan, kami yakin tahun depan peringkat Unpad akan lebih baik,” kata Ronny.*

Laporan oleh Arief Maulana

 

 

Share this: