Rektor Unpad: Transformasi Kepemimpinan Unpad Diharapkan Membawa Kemaslahatan bagi Negeri

UKT
Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran i. (Foto: Dok. Humas Unpad)*

[unpad.ac.id, 9/4/2019] Perjalanan Universitas Padjadjaran untuk dapat berkontribusi bagi negeri telah dilakukan sejak Unpad didirikan. Transformasi kepemimpinan di Unpad pun diharapkan dapat membawa kemaslahatan bagi negeri.

Logo Unpad.*

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad mengharapkan bahwa apa yang telah dibangun selama ini menjadi landasan kuat untuk Unpad untuk konsisten memberikan yang terbaik bagi bangsa ini.

“Itu semua kita dorong dalam kaidah bahwa kita adalah insan abdi masyarakat pembina nusa bangsa. Kita berikan sebaik mungkin bagi negeri ini,” ujar Rektor saat menyampaikan Laporan Kinerja Rektor Unpad Tahun 2015-2019 di hadapan Senat Akademik dan Dewan Profesor di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Selasa (9/4).

Rektor mengatakan, kebersamaan menjadi keharusan untuk dapat menghadapi berbagai tantangan. Tantangan perlu dihadapi dengan menjadikan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Unpad “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional” sebagai lokomotif dalam upaya membangun kekuatan akademik.

Dalam refleksi kinerja Unpad dalam beberapa waktu terakhir, Rektor pun menyampaikan sejumlah capaian Unpad di bidang kelembangaan, di antaranya program pengembangan sumber daya manusia, pengembangan sistem informasi inter dan trans-platforms, pengelolaan sarana prasarana yang efisien dan berdaya guna, peningkatan kualitas tata kelola dan kelembagaan, peningkatan kualitas tridarma berorientasi PIP, pengembangan sejumlah inovasi unggulan, penguatan kolaborasi dengan mitra strategis, serta kemandirian finansial yang akuntabel, transparan, dan efisien.

Di luar kelembagaan, Rektor pun memaparkan sejumlah upaya kontribusi Unpad untuk pembangunan Jawa Barat. Program yang sudah dilakukan di antaranya Aliansi Strategis Unpad-Jabar (ASUP Jabar), program afirmasi “Unpad Nyaah ka Jabar”, Profesor Masuk Desa, dan Academic Health System.

Dikatakan Rektor, seluruh upaya yang dilakukan merupakan kontribusi bersama yang inginnya tidak hanya memberi manfaat bagi bangsa, tetapi bagi umat manusia di seluruh dunia. Diharapkan pula, Unpad dapat memberikan yang lebih baik lagi bagi dunia ke depan.

“Mudah-mudahan almamater kita ini betul-betul bisa semakin maslahat. Bukan hanya bagi warga Jawa Barat saja, tapi bagi bangsa dan umat manusia di seluruh dunia,” harap Rektor.

Pada kesempatan tersebut, turut memberikan sambutan Rektor ketujuh Unpad Prof. Dr. Yuyun Wirasasmita, M.Sc. Ketua Senat Akademik Unpad Prof. H. Oekan Soekotjo Abdoellah, MA., Ph.D.dan Ketua Dewan Profesor Prof. Dr. Sutyastie Soemitro Remi, S.E., M.S.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

Share this: