Prof. Dr. H. Bergman Thahar, drg., Sp.Ort(K), Tutup Usia

[unpad.ac.id, 11/3/2019] Universitas Padjadjaran kehilangan seorang putra terbaiknya. Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Unpad Prof. Dr. H. Bergman Thahar, drg., Sp.Ort(K), meninggal dunia pada usia 72 tahun di Rumah Sakit Santosa, Bandung, Senin (11/3) pukul 03.50 WIB.

Prof. Dr. H. Bergman Thahar, drg., Sp.Ort(K). (Foto: koleksi Kantor Komunikasi Publik Unpad)*

Prof. Bergman lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, 5 Oktober 1946. Menyelesaikan studi Profesi Dokter Gigi pada 1973, Spesialis Ortodontik pada 1988, dan studi Doktor pada 1998. Seluruh program pendidikan almarhum diselesaikan di Unpad.

Mengabdi sebagai dosen di Departemen Orotodonsia FKG Unpad, almarhum meraih jabatan Guru Besar pada bidang Ortodontik. Selain aktif mengajar, meneliti, dan membuka praktik dokter gigi, almarhum juga aktif di bidang organisasi profesi, salah satunya adalah menjadi penasihat Pengurus Pusat Ikatan Ortodontis Indonesia 2017-2020.

Di bidang penelitian, almarhum terakhir aktif sebagai ketua penelitian Academic Leadership Grant (ALG) Unpad dengan judul “Hubungan Keparahan Maloklusi dengan Rasa Percaya Diri dan Kebutuhan Perawatan Ortodonti Menuju Peningkatan Kualitas Hidup Remaja Suku Sunda di Jawa Barat”.

Almarhum mendapat penghormatan terakhir dalam upacara pelepasan yang digelar di Masjid Al Jihad kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Senin (11/3). Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya Unpad Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, PhD menyampaikan bela sungkawa.

“Kami mengenal almarhum merupakan sosok yang konsisten, berdedikasi tinggi untuk kemajuan mahasiswanya,” kata Prof. Arief.

Usai pelepasan, almarhum dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum Sirnaraga, Kota Bandung.*

Laporan oleh Arief Maulana dan Fahri Juarsa Muhammad

Share this: