Unpad Miliki Fasilitas Pusat Bahasa dan Kebudayaan Korea

[unpad.ac.id, 3/1/2019] Universitas Padjadjaran memiliki fasilitas baru untuk mendukung kegiatan akademik mengenai kebudayaan Korea. Fasilitas bernama “Unpad Korean Language Center” tersebut diresmikan Rektor Prof Tri Hanggono Achmad di Gedung Perpustakaan Pusat Unpad, Jatinangor, Rabu (2/1).

Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt., bersama Wakil Ketua Indo-Korean Orthopedic Foundation (IKOF) Daniel Kim dan disaksikan Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad menandatangi Perjanjian Kerja Sama Pembangunan Pusat Studi Korea di Gedung Perpustakaan Pusat Unpad, Jatinangor, Rabu (2/1). Di saat yang sama, Rektor juga meresmikan fasilitas “Unpad Korean Language Center”. (Foto: Tedi Yusup)*

“Korea menjadi salah satu kekuatan ekonomi global, dan berbicara ekonomi, budaya itu penting sekali,” ujar Rektor.

Fasilitas ini pun diharapkan dapat digunakan oleh seluruh sivitas akademika Unpad, terutama mahasiswa. Bukan hanya mempelajari bahasa Korea, tetapi kebudayaan Korea secara lebih luas.

Menurut Rektor, banyak hal yang dapat dipelajari dari kebudayaan Korea. Tidak berbicara sejarah Korea di masa lalu saja, tetapi dunia modern Korea seperti kemajuan industri musik hingga kosmetik.

“Mudah-mudahan yang kita rintis ini bisa menjadi peluang untuk mendorong pengembangan lain yang ada di Unpad,” harap Rektor.

Unpad Korean Language Center hadir sebagai wujud dari kerja sama dengan Indo Korean Orthopedic Foundation (IKOF). Rektor berharap, aktivitas kerja sama Unpad dengan IKOF dapat dikembangkan dan dapat membuka jejaring Unpad dengan berbagai relasi di Korea.

“Korea ini merupakan potensi yang cukup besar, cukup baik untuk kita,” ujar Rektor.

Sementara itu, Wakil Ketua IKOF Daniel Kim mengatakan bahwa akan ada banyak hal yang dapat dipelajari mengenai Korea melalui fasilitas tersebut. Selain bahasa, sivitas akademika Unpad juga dapat mempelajari perkembangan budaya Korea dan hubungan bilateral Korea dengan Indonesia.

“Kita bisa diskusi di ruangan ini, karena kita ada teman-teman dari Korea,” ujar Daniel Kim.

Pada kesempatan tersebut ditandatangani Perjanjian Kerja Sama Pembangunan Pusat Studi Korea oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt. dengan Wakil Ketua IKOF Daniel Kim.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

Share this: