FEB Unpad Tuan Rumah Pertemuan ABEST21 Peer Review Committee 2018

[unpad.ac.id, 2/11/2018] Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran menjadi tuan rumah diselenggarakannya pertemuan The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow a 21st Century Organization (ABEST21) Peer Review Committee (PRC) tahun 2018. Acara ini diselenggarkan di Aula Magister Manajemen FEB Unpad, Jl. Dipati Ukur No. 46 Bandung, Rabu (31/10) lalu.

Suasana pertemuan The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow a 21st Century Organization (ABEST21) Peer Review Committee (PRC) tahun 2018 yang digelar di Aula Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad, Jl. Dipati Ukur No. 46 Bandung, Rabu (31/10) lalu. (Foto: Tedi Yusup)*

Tahun ini, ABEST21 Peer Review Committee diikuti 50 orang delegasi dari 15 universitas di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Jepang. Beberapa delegasi dari universitas luar negeri, antara lain Waseda University Jepang, Universiti Utara Malaysia, Naresuan University Thailand, Universiti Putra Malaysia, dan Khon Kaen University Thailand. Sementara perwakilan perguruan tinggi Indonesia yaitu Unpad, Universitas Brawijaya, Universitas Lampung, Universitas Diponegoro, dan Universitas Bengkulu.

Dalam sambutannya, Dekan FEB Unpad Yudi Azis PhD, menyambut baik pertemuan penting ini, karena akan memberikan penilaian bagi sejumlah prodi yang mengikuti proses akreditasi internasional. Menurutnya, FEB Unpad sebagai tuan rumah pertemuan ABEST21 Peer Review Committee  2018 merupakan kepercayaan dan penghargaan kepada FEB Unpad .

“Dalam pertemuan ini akan ada keputusan oleh semua Peer Review Committee apakah naik level atau tidak dari sekolah pemohon,” tuturnya.

Yudi berharap pertemuan ini dapat memperkuat hubungan diantara anggota ABEST21 untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikan bagi masyarakat. “Semoga pertemuan ini dapat membuahkan hasil dan memperkuat hubungan kita di antara anggota ABEST21 dalam mengejar peningkatan kualitas yang berkelanjutan dalam pendidikan bisnis bagi masyarakat kita,” harap Yudi.

ABEST21 Peer Review Committee sendiri adalah forum reviewer akreditasi program studi dan fakultas bisnis lembaga akreditasi ABEST21 untuk menilai layak tidaknya prodi mengikuti proses dalam akreditasi internasional.

Sementara ABEST21 adalah lembaga akreditasi internasional untuk sekolah bisnis yang berdiri pada tahun 2005. Organisasi ini berkedudukan di Tokyo, Jepang dan dibentuk oleh akademisi terpandang terutama di kawasan Asia Pasifik. Saat ini, anggota ABEST21 berjumlah lebih dari 60 sekolah bisnis dari seluruh dunia.

Pertemuan ABEST21 Peer Review Committee  2018  ini secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt. Dalam sambutannya, Dr. Keri mengapresiasi upaya FEB Unpad untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memiliki sejumlah prodi yang terakreditasi internasional.

Lebih lanjut Keri berharap pertemuan PRC ini bisa menjadi kolaborasi dan inspirasi bagi semua pihak yang terlibat dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan terutama terkait penelitian dan hubungan kerjasama lainnya.

“PRC ini diharapkan dapat memperkuat kolaborasi untuk joint research, atau joint program, pertukaran dosen karena kementerian kami (Kemenristekdikti) juga mendukung pertukaran dosen, dan itu semua ada anggarannya,” imbuhnya.

President ABEST21 Prof. Fumio Itoh menyampaikan bahwa pihaknya berupaya untuk meningkatkan kualitas manajemen pendidikan dari sekolah bisnis dengan cara mendorong kerja sama antar anggotanya dalam menghadapi tantangan di abad ke-21. Pertemuan yang digelar di Unpad ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang pendidikan manajemen.

Kegiatan ABEST21 Peer Review Committee  2018 ini akan berlangsung hingga 1 November 2018 dengan agenda melakukan review terhadap rencana peningkatan kualitas sistem akreditasi ABEST21, diantaranya APAS (ABEST21 Program Based Accreditation System) dan AAAS ( ABEST21 Academic Unit Based Accreditation System).*

Rilis: FEB Unpad/art

 

Share this: