Tiga Calon Rektor Jelaskan Peran Alumni bagi Kemajuan Unpad

[unpad.ac.id, 29/9/2018] Tiga Calon Rektor Universitas Padjadjaran 2019-2024 melakukan diskusi dengan Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (Ika Unpad) melalui acara “Tak Tek Talk: Dialog Calon Rektor dengan Alumni”,di Ruang Serba Guna Gedung 2 Lantai 4 Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung,  Sabtu (29/9).

Tiga Calon Rektor Universitas Padjadjaran 2019-2024 Aldrin Herwany, S.E., M.M., Ph.D. (kiri); Prof. H. Atip Latipulhayat, S.H., L.L.M, Ph.D. (kedua dari kiri); dan Prof. Dr. Obsatar Sinaga, S.IP., M.Si, (ketiga dari kiri) saat menyampaikan gagasan di hadapan para alumni Unpad di Ruang Serba Guna Gedung 2 Lantai 4 Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Sabtu (29/9). (Foto: Tedi Yusup)*

Secara alfabetis, tiga Calon Rektor tersebut yaitu Aldrin Herwany, S.E., M.M.,  Ph.D.; Prof. H. Atip Latipulhayat, S.H., L.L.M, Ph.D.; dan Prof. Dr. Obsatar Sinaga, S.IP., M.Si. Ketiga menyampaikan gagasan seputar program kerja di hadapan alumni dan pengurus Ika Unpad.

Pembicara pertaam, Aldrin menyampaikan peran yang bisa dilakukan alumni dalam berkontribusi, khususnya sebagai pusat afiliasi industri kewirausahaan Unpad.

Salah satu peran yang dilakukan mengeksekusi hadirnya rumah sakit Unpad. Hal ini merupakan salah satu rencana kerja dari Aldrin Herwany. Adanya rumah sakit ini membuka peluang kerja sama Unpad dengan industri untuk produk riset Unpad, mengintegrasikan Lab Center Unpad, revitalisasi layanan sarana-prasarana orientasi mahasiswa, dan lainnya.

Selanjutnya, Prof. Atip menjabarkan peran alumni Unpad dalam tiga tahap yaitu praalumni, menjelang alumni, dan menjadi alumni. Pada tahap praalumni diharapkan alumni bisa membagikan ilmu dan pengalamannya contohnya dalam bentuk seminar, menjadi dosen tamu, pembinaan karier, dan pemberian kesempatan magang.

Sementara pada masa menjelang alumni, diharapkan adanya bursa kerja berorientasi lulusan Unpad sesuai yang dibutuhkan perusahaan. Terakhir, pada tahap menjadi alumni diharapkan alumni dapat berkolaborasi dengan dosen dan mahasiswa, adanya pertemuan berkala intensif membahas Unpad, sistem informasi berbentuk website yang baik dan terintegrasi, serta lainnya.

Prof. Obsatar mendorong kuat keterlibatan peran alumni dalam pengelolaan aset Unpad. Selain itu, ia juga mendorong dibentuknya pusat karir untuk melatih alumni yang baru lulus agar bisa bersaing mendapatkan pekerjaan.

Ia juga ingin melibatkan alumni yang kredibel dalam pengelolaan aset Unpad. Selain itu, pembentukan koperasi yang berisikan alumni, dosen, hingga karyawan akan dibentuk agar peran alumni dalam pembangunan Unpad bisa terasa*

Laporan oleh Erlangga Pratama/am

Share this: