Fikom Unpad Punya Peran Kuat Membangun Kemanusiaan dan Lingkungan Hidup

[unpad.ac.id, 25/9/2018] Menginjak usia 58 tahun, telah banyak capaian dan kontribusi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Kontribusi diberikan bukan hanya untuk Unpad, tetapi juga bangsa.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Helmi Basalamah menjadi pembicara kunci mewakili Menteri LHK dalam acara peringatan Dies Natalis ke-58 Fikom Unpad di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Selasa (25/9). (Foto: Tedi Yusup)*

Rektor Unpad Prof Tri Hanggono Achmad menyampaikan hal tersebut dalam peringatan Dies Natalis ke-58 Fikom Unpad di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Selasa (25/9). Dikatakan Rektor, alumni Fikom Unpad juga telah banyak memberikan sumbangsih dalam membangun masyarakat komunikasi di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor mengharapkan ada kontribusi lebih kuat dari Fikom Unpad untuk menghadapi berbagai tantangan bangsa, terutama di era industri 4.0. Menurut Rektor, menghadapi revolusi industri 4.0, belum banyak pihak memberi perhatian pada aspek yang menyangkut kemanusiaan. Perhatian lebih banyak pada aspek ekonomi, teknologi, dan industri.

“Mari kita sadari, tidak banyak yang menyentuh aspek-aspek yang terkait dengan kemanusiaannya. Berbicara tentang hubungan antar manusia. Bahkan kalau kita perhatikan sungguh-sungguh, justru ini masalah besar yang sedang dihadapi oleh bangsa,” kata Rektor.

Hal tersebut juga sesuai dengan tema Dies Natalis Fikom yang diangkat tahun ini, yaitu “Communication for Suistainabiltiy, Harmony, and Humanity”. Menurut Rektor, aspek sosial merupakan salah satu kekuatan yang dimiliki oleh Unpad. Rektor berharap, Unpad dapat memberikan kontribusi kuat pada substansi hubungan antar manusia dengan memegang teguh Pola Ilmiah Pokok Unpad, “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional”.

“Mari kita punya awareness yang kuat terhadap aspek-aspek yang sebetulnya kalau tidak kita perhatikan, suatu saat akan menjadikan situasi yang akan memberikan beban yang tidak sederhana bagi bangsa ini,” ujar Rektor.

Sementara itu, Dekan Fikom Unpad Dr. Dadang Rahmat Hidayat, SH.,S.Sos.,M.Si mengungkapkan bahwa saat ini Fikom Unpad terus melakukan optimalisasi dan sinergi antar unit pengelola dalam menjalankan fungsinya. Pada kesempatan tersebut, Dr. Dadang pun menyampaikan berbagai capaian Fikom beberapa waktu terakhir.

“Banyak kekurangan yang harus diperbaiki dan banyak harapan yang masih harus diwujudkan untuk menjadikan Fikom Unpad sebagai lembaga yang unggul. Salah satu harapannya adalah penambahan guru besar, setidaknya 2 orang pada tahun ini dan 4 orang atau lebih di tahun depan,” kata Dr. Dadang.

Peran Ilmu Komunikasi untuk Lingkungan

Pada kesempatan tersebut, hadir sebagai pembicara kunci mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian LHK RI Helmi Basalamah. Helmi mengatakan, Fikom Unpad merupakan salah satu aktor  penting dalam upaya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat untuk menjaga lingkungan.

“Sehingga mampu menggerakan keterlibatan berbagai elemen bangsa, dalam menjaga hubungan keharmonisan dan keseimbangan pemanfaatan sumber daya alam, menjaga dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan, serta melindungi dinamika sosial budaya masyarakat,” ujar Helmi.

Pada puncak Dies Natalis Fikom tahun ini, dosen Fikom Unpad Dr. Asep Suryana, M.Si membacakan orasi ilmiah berjudul “Pergeseran Orientasi Pendidikan Komunikasi Munuju Era Industri 4.0: Sinergi Untuk Kemanusiaan, Keberlanjutan dan Keserasian dengan Lingkungan”.

Dalam orasinya, Dr. Asep mengatkan bahwa Industri 4.0 seyogyanya menjadi industri yang memperhatikan dan mengamalkan keberlanjutan lingkungan hidup demi masa depan kemanusiaan. Dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada, sistem pendidikan komunikasi di Fikom Unpad pun tetap berpegang pada PIP Unpad, sehingga senantiasa memperhatikan sinergi antara kemanusiaan, keberlanjutan, dan keserasian dengan lingkungan.

Selain orasi ilmiah, Dies Natalis Fikom Unpad kali ini juga menyelenggarakan kegiatan bakti sosial, family gathering, dan Fikom Fest. Diungkapkan Dr. Dadang, kegiatan Fikom Fest dihadiri oleh lebih dari 500 alumni dengan kegiatan utama berupa networking party para alumni, serta pemilihan Ketua IKA Fikom Unpad periode 2018 – 2022.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana

Share this: