Sebanyak 113.542 Peserta Mendaftar ke Unpad Melalui Jalur SBMPTN

[unpad.ac.id, 8/05/2018] Sebanyak 56.069 peserta mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2018 di Panitia Lokal (Panlok) 34 Bandung, Selasa (8/05). Jumlah tersebut terdiri dari peserta Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) sebanyak 52.799 orang, peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) menggunakan komputer meja (desktop) sebanyak 2.270 orang, dan peserta UTBK menggunakan aplikasi Mobile Assisted Testing (MAT) Android sebanyak 1.000 orang.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A., saat menjelaskan tentang pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan menggunakan aplikasi Mobile Assisted Testing (MAT) Android kepada para wartawan dalam jumpa pers SBMPTN Panlok 34 Bandung di kampus Institut Teknologi Bandung, Selasa (8/05) pagi. (Foto: Arief Maulana)*

Sekretaris Eksekutif I Panitia Lokal 34 Bandung SBMPTN 2018, Prof. Asep Gana Suganda mengungkapkan bahwa UTBK menggunakan android baru pertama kali dilaksanakan tahun ini. UTBK android hanya dilaksanakan di Panitia Lokal Bandung, yaitu di kampus Universitas Padjadjaran Jatinangor.

“Pertama kali (UTBK android) ini dilaksanakan, yang ada pada tahun ini hanya ada di Panlok Bandung. Lokasi jelasnya itu ada di Universitas Padjadjaran Jatinangor,” kata Prof. Asep dalam Jumpa Pers SBMPTN Panlok 34 Bandung di kampus Institut Teknologi Bandung, Selasa (8/05) pagi.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A. menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan UTBK android, para peserta terlebih dahulu harus menginstalasi aplikasi yang sudah dipersiapkan panitia.

“Jadi pada pelaksanaannya, mereka sudah siap,” kata Dr. Arry.

Dr. Arry menambahkan, pengembangan sistem pun telah dilakukan agar UTBK andorid dapat dilaksanakan dengan nyaman dan aman. Berbagai kekurangan dalam sistem pun terus dilakukan perbaikan agar menjadi lebih baik.

“Pada prinsipnya, sistem itu udah ready untuk dipergunakan,” ujar Dr. Arry.

Tahun ini, Unpad kembali memiliki jumlah pelamar terbanyak pada SBMPTN, yaitu sebanyak 113.542 peserta. Prodi dengan peminat terbanyak untuk kelompok ujian Saintek adalah Pendidikan Dokter dengan 6.513 pendaftar, Psikologi dengan 4.602 pendaftar, dan Farmasi 4.258 pendaftar. Sementara untuk kelompok ujian Soshum, Ilmu Hukum dengan  5.898 pendaftar menjadi program studi dengan peminat terbanyak, selanjutnya adalah Ilmu Komunikasi dengan 5.347 pendaftar dan Manajemen 4.592 pendaftar.

“Baru kali ini dalam sejarah Unpad (pendaftar) menembus  angka lebih seratus ribu,” ujar Dr. Arry.

Selain UTBK andorid, kampus Unpad juga menjadi lokasi ujian SBMPTN untuk UTBK desktop dan UTBC. Lokasi ujian ini meliputi kampus Unpad Jatinangor dan Kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jl. Bukit Dago Utara.

“Mudah-mudahan lancar. Ini kan salah satu wujud komitmen kita kepada negara bahwa kita ingin menyelenggarakan sebaik mungkin tanpa gangguan apapun, baik ganguan teknis maupun non teknis,” harap Dr. Arry.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

Share this: