Unpad Jalin Kerja Sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian

Unpad in collaboration with Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian

[unpad.ac.id, 15/11/2017] Universitas Padjadjaran melakukan kerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)/PTIK terkait pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad menandatangani Kesepahaman Kerja Sama dengan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian/PTIK Irjen Pol Dr. Sigid Tri Hardjanto, S.H., M.Si., di ruang Executive Lounge Gedung 2 lantai 2 Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (15/11). (Foto: Tedi Yusup)*

Kerja sama tersebut ditandai dengan ditandatanganinya Kesepahaman Kerja Sama oleh Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad dengan Ketua STIK Irjen Pol Dr. Sigid Tri Hardjanto, S.H., M.Si., di ruang Executive Lounge Gedung 2 lantai 2 Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (15/11).

“Harapan kami MoU ini bukan sekadar formalitas, tetapi untuk segera kita tindak lanjuti,” harap Dr. Sigid.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor berharap kerja sama yang akan dilakukan bukan hanya dalam hal pengembangan akademik, tetapi juga terkait kemahasiswaan. Rektor juga mendorong adanya pengenalan lebih dalam kepada mahasiswa Unpad mengenai isu-isu yang menjadi perhatian kepolisian, seperti terorisme,  narkoba, dan sebagainya.

Berbagai isu tersebut nantinya dapat diterapkan pada bidang ilmu yang mahasiswa dalami. Dengan demikian, diharapkan akan ada tanggung jawab untuk menjaga keamanan secara keseluruhan.

“Supaya mereka tidak gagap terhadap isu tentang keamanan dan mereka punya rasa tanggung jawab. Saya kira kalau ini kalau mulai diperkenalkan pada mahasiswa, mereka akan menjadi agen penting, terutama mahasiswa Unpad. Karena dalam program akademik kami, mereka akan tersebar di seluruh Jawa Barat sejak masa pendidikan,” ujar Rektor.

Lebih lanjut Rektor mengungkapkan bahwa dalam Pola Ilmiah Pokok Unpad, hukum juga menjadi salah satu perhatian penting Unpad. Diharapkan, Unpad dan PTIK pun dapat bersinergi mewujudkan PIP Unpad tersebut.

Laporan oleh Artanti Hendriyan/am

Share this: