Salurkan Semangat Berwirausaha, Mahasiswa FTIP Buka Usaha “Cafeein” di Kampus

Para mahasiswa FTIP Unpad, pengelola Cafeein (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 13/12/2016] Sebagai salah satu wujud kegiatan wirausaha mahasiswa, sejumlah mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Unpad membentuk “Cafeein” yang berlokasi di Gedung Teknologi Industri Pertanian, Ex Pedca Utara, Jatinangor. Cafeein merupakan cafe ala mahasiswa yang dibentuk bukan hanya tempat untuk membeli makanan dan minuman, tetapi juga diharapkan  dapat menjadi tempat berkumpul dan bertukar pikiran antara mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan di lingkungan Unpad.

Para mahasiswa FTIP Unpad, pengelola Cafeein (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Para mahasiswa FTIP Unpad, pengelola Cafeein (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Pemilik sekaligus pengelola Cafeein adalah Emilda Ayu Febrianti, Laisa R. Y. Aritonang, Erin Nur Fitriani, Nabilla Saptaryana, Arip Rahman Jaya, Andri Fauzi Ramlan, Belladina Anggun Kinanti, M. Fauzi, dan Ramadhoni H. Mahasiswa Program Studi Teknologi Industri Pertanian angkatan 2015 yang tergabung dalam The Local Enablers ini telah resmi membuka Cafeein sejak Senin (6/12) lalu.

Mulanya, kegiatan wirausaha yang mereka jalani adalah dengan membuat produk Mango Sticky Rice. Setelah menjalaninya, mereka pun memutuskan untuk membuka sebuah tempat khusus untuk menjual produk andalan mereka tersebut, selain juga menjual produk makanan dan minuman lain. Cafeein pun dibuat senyaman mungkin untuk tempat berkumpul civitas academica Unpad dengan mengusung tema “traditional modern”.

Melalui Cafeein juga, para mahasiswa ini ingin menularkan semangat berwirausaha kepada seluruh civitas academica Unpad. Cafeein juga membuka kesempatan bagi civitas academica Unpad yang ingin bergabung dalam kegiatan usaha mereka, termasuk saling berbagi ilmu mengenai berwirausaha, terutama dengan turut memberdayakan masyarakat.

“Dari proses ini kita bisa menginspirasi teman-teman, itu tujuan kita, biar teman-teman tertular  semangatnya juga untuk berwirausaha. Kita juga ingin menjadikan ini sebagai pusatnya orang-orang berkumpul. Mereka bisa sharing disini dalam keadaan enjoy,” ungkap Arip.

cafein-ftip-tediBukan hanya itu, dengan bergabung di Cafeein, konsumen juga dapat turut berkontribusi pada upaya pemberdayaan masyarakat sekitar, karena salah satu konsep dasar  dari The Local Enablers adalah pelibatan masyarakat sekitar dan menyebarkan nilai manfaat di setiap usahanya.

“Kita juga menjual produk-produk yang tergabung dalam The Local Enablers, dan banyak sekali cerita-cerita yang ada disitu, tentang kita memberdayakan masyarakat itu seperti apa,” ungkap Erin.

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: