KPI Pusat Ajak Unpad Selenggarakan Seminar Internasional Penyiaran

Pimpinan KPI Pusat saat berdialog dengan pimpinan Unpad di Ruang Rektor Unpad, Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Kamis (1/12). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 1/12/2016] Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Yuliandre Darwis, bertemu Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Tri Hanggono Achmad, di ruang Rektor Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (1/12). Pertemuan tersebut merupakan upaya penjajakan kerja sama dengan Unpad terkait pelaksanaan seminar internasional yang akan digelar KPI.

Pimpinan KPI Pusat saat berdialog dengan pimpinan Unpad di Ruang Rektor Unpad, Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Kamis (1/12). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Pimpinan KPI Pusat saat berdialog dengan pimpinan Unpad di Ruang Rektor Unpad, Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Kamis (1/12). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Dalam pertemuan tersebut, Rektor didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Dr. Arry Bainus, M.A., dan Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik/Kepala Kantor Internasional Unpad, Ade Kadarisman, S.Sos., M.T., M.Sc. Sementara dari pihak KPI turut hadir Komisioner KPI Pusat yang juga Guru Besar FISIP Unpad, Prof. Dr. Obsatar Sinagar, dan Komisioner KPI, Ubaidilah.

Yuliandre mengatakan, KPI Pusat menjadi tuan rumah dalam gelaran internasional bertajuk “The 5th Annual Meeting Organisation of Islamic  Cooperation Broadcasting Regulatory Authorities Forum(OIC IBRAF)” pada 22 – 24 Februari 2017 mendatang. Selain Ketua KPI Pusat, Yuliandre juga merupakan President of IBRAF. Kegiatan yang direncanakan digelar di Bandung ini akan diikuti oleh peserta lebih dari 50 negara anggota IBRAF. Kegiatan ini merupakan temu internasional para negara anggota IBRAF, organisasi Islam terkait penyiaran.

Selain ajang temu tahunan, Yuliandre berencana menjadikan kegiatan ini sebagai ruang diseminasi hasil penelitian di bidang penyiaran. Untuk itu, pihaknya meminta Unpad untuk bekerja sama untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Kita ingin kegiatan ini tidak hanya sekadar seremonial, tetapi ada nuansa akademik. Kekuatan kontennya harus ada. Untuk itu, kami ingin bekerja sama dengan Unpad,” kata Yuliandre.

kpi-2-tediDi akhir acara, lanjut Yuliandre, akan dideklarasikan semacam Dasasila Penyiaran yang ditandatangani oleh partisipan dari berbagai negara.

Menanggapi tawaran tersebut, Rektor berkomitmen untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan ini. Ia mendorong para akademisi Unpad untuk berkontribusi mendiseminasikan berbagai riset terkait dalam kegiatan tersebut.

“Kita akan bantu melalui partner kerja kita di negara-negara (partisipan acara) yang punya bidang ilmu komunikasi atau terkait. Kita akan undang khusus. Ini akan memberi warna tersendiri bahwa kegiatan tahun depan akan bernuansa akademis,” kata Rektor.

Hal selanjutnya yang ingin didorong Rektor ialah mempromosikan Bandung dalam kegiatan tersebut. Rektor mengupayakan kegiatan internasional ini digelar di kawasan Gedung Merdeka dan Jalan Asia Afrika. “Berbicara broadcasting, kenapa tidak kita lihatkan juga aspek historical dan kekinian dari Kota Bandung,” kata Rektor.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

Share this: