Rektor Ajak Alumni Berperan Aktif Cegah Kerusakan Lingkungan

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, saat menyampaikan pidato pada Wisuda Gelombang I Tahun Akademik 2016/2017 Universitas Padjadjaran di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Bandung, Selasa (1/11). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 1/11/2016] Berbagai kerusakan lingkungan yang terjadi di sejumlah wilayah akhir-akhir ini tidak hanya membutuhkan upaya kuratif untuk merehabilitasinya, tetapi juga upaya preventif agar tragedi yang sama tidak terjadi di tahun mendatang. Tidak jarang, kerusakan lingkungan bukan hanya karena faktor alam, tetapi juga akibat kesalahan manusia. Terkait hal tersebut, Universitas Padjadjaran berkomitmen akan terus berkontribusi mengatasi berbagai persoalan lingkungan yang terjadi.

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, saat menyampaikan pidato pada Wisuda Gelombang I Tahun Akademik 2016/2017 Universitas Padjadjaran di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Bandung, Selasa (1/11). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, saat menyampaikan pidato pada Wisuda Gelombang I Tahun Akademik 2016/2017 Universitas Padjadjaran di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Bandung, Selasa (1/11). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Tri Hanggono Achmad mengajak para lulusan Unpad untuk terus berperan aktif dalam mengatasi berbagai permasalahan tersebut. Menurutnya, lulusan Unpad harus dapat berada di lini terdepan mengingat mereka telah memahami Pola Ilmiah Pokok Universitas Padjadjaran “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional”. Hal tersebut disampaikan Rektor dalam pidato Wisuda Lulusan Gelombang I Tahun Akademik 2016/2017, di Grha Sanusi Hardjadinata, Selasa (1/11)

Kepada seluruh wisudawan, Rektor juga mengingatkan tentang perlunya menyadari bahwa berbagai perubahan terus berlangsung dalam kehidupan di masyarakat. Berbagai perubahan dan anomali yang terjadi pada hari-hari yang telah lalu, sangat mungkin menjadi kondisi yang dianggap normal pada hari ini atau new normal situation.

“Karena itu, untuk menghadapinya, marilah kita bersama-sama bahu membahu mendarmabaktikan potensi kita masing-masing untuk kita transformasikan menjadi kemaslahatan bagi bangsa dan negara Indonesia,” tutur Rektor.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga mengungkapkan bahwa kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan Unpad akan terus dikembangkan untuk mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan lingkungan, juga mampu mengantisipasi dan mengurangi potensi terjadinya perubahan lingkungan yang merugikan.

Berbagai tragedi lingkungan yang terjadi, faktor mendasarnya adalah aktivitas manusia yang tidak ramah lingkungan dan melanggar aturan-aturan yang berlaku, yang tidak selaras dengan prinsip-prinsip pembangunan yang berkelanjutan.

“Program-program pembangunan yang dilakukan haruslah program pembangunan berkelanjutan, program-program yang berwawasan lingkungan dan berkeadilan sosial. Bukan program pembangunan yang semata-mata hanya memperhatikan kepentingan ekonomi sesaat dan tidak memperhatikan keberlanjutan di masa depan. Pembangunan yang dilakukan harus pula dilaksanakan dalam kerangka hukum yang berlaku. Penegakan hukum atas pelanggaran yang terjadi dalam pelaksanaan pembangunan harus dilaksanakan secara tegas,” papar Rektor.

Secara khusus, Rektor juga mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang lulus dengan predikat terbaik untuk masing-masing jenjang. Mereka adalah Lutfi Yondri dari Program Studi Sastra Fakultas Ilmu Budaya sebagai Wisudawan Terbaik Program Doktor, Santi Perawati dari Program Studi Farmasi Fakultas Farmasi sebagai Wisudawan Terbaik Program Magister, Moehammad Fahrul Rozi dari Program Studi Ortodontik Fakultas Kedokteran Gigi sebagai Wisudawan Terbaik Program Spesialis, Kalia Labitta Yudhasoka dari Program Studi Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Gigi sebagai Wisudawan Terbaik Program Profesi, Soraya Sri Anggarawati dari Program Studi Ilmu Komunikasi sebagai Wisudawan Terbaik Program Sarjana, dan Khairunnisa dari Program Studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi sebagai Wisudawan Terbaik Program Diploma.

Rektor juga memberikan penghargaan kepada wisudawan tertua, Bachtiar Hasibuan yang lulus pada usia 63 tahun 8 bulan dari Program Studi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan wisudawan termuda, Raka Satria Fadhlurrohman yang lulus pada usia 19 tahun 6 bulan pada Program Studi Hukum Fakultas Hukum.

Adapun jumlah lulusan yang dilantik pada Wisuda Lulusan Gelombang I Tahun Akademik 2016/2017 adalah sebanyak 2964 orang dari berbagai jenjang pendidikan. Prosesi wisuda dilaksanakan dalam 6 sesi selama 3 hari berturut-turut, mulai hari ini hingga Kamis (3/11) mendatang.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: