Menanti Kontribusi “Epicentrum” bagi Permasalahan Komunikasi di Indonesia

Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., S.H., M.Si., saat membuka kegiatan "Epicentrum: Padjadjaran Communication Festival 2016" di Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad, Senin (21/11). (Foto oleh: Dadan T.)*

[Unpad.ac.id, 21/11/2016] Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan bertajuk “Epicentrum: Padjadjaran Communication Festival 2016” di area kampus Fikom Unpad, Jatinangor, 21-24 November 2016. Kegiatan ini digelar atas kerja sama antar himpunan mahasiswa dari seluruh program studi yang ada di Fikom Unpad.

Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., S.H., M.Si., saat membuka kegiatan "Epicentrum: Padjadjaran Communication Festival 2016" di Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad, Senin (21/11). (Foto oleh: Dadan T.)*
Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., S.H., M.Si., saat membuka kegiatan “Epicentrum: Padjadjaran Communication Festival 2016” di Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad, Senin (21/11). (Foto oleh: Dadan T.)*

Ketua pelaksana kegiatan, Nathania Sarah, mengatakan, ajang komunikasi ini diikuti oleh peserta dari 14 perguruan tinggi se-Indonesia dan 2 Sekolah Menengah Atas dari Jakarta dan Purwakarta. Mengusung tema “The Super Power of Communcation”, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi berbagai masalah yang terjadi di Indonesia.

“Kita mengajak antusiasme ilmu komunikasi di Indonesia untuk berkolaborasi melalui seminar, workshop, dan kompetisi,” ujar Nathania dalam acara pembukaan Epicentrum di Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad, Senin (21/11).

Pembukaan tersebut dihadiri Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., S.H., M.Si., para Wakil Dekan, Manajer, dan Dosen di lingkungan Fikom Unpad, serta para peserta kegiatan Epicentrum.

Kegiatan terdiri atas seminar, workshop, dan perlombaan yang merupakan gabungan dari kegiatan 5 program studi di Fikom Unpad , yaitu: OlymPRday dan Public Relation Student Forum (Humas); Parade Jurnalistik, Millenials Paper, dan Mediamorfosis (Jurnalistik); Seminar Diginomics, Workshop “Ideation” (Manajemen Komunikasi), serta Seminar Public Library, serta lomba konsep perpustakaan “Liblicious (Ilmu Informasi dan Perpustakaan). Kegiatan ini memperebutkan hadiah total sebesar US$ 4.800. Selain itu, kegiatan ini juga akan menggelar pemilihan putra putri Fikom Unpad.

Adapun 14 perguruan tinggi peserta kegiatan berasal dari Unpad, Universitas Brawijaya, Universitas Kristen Petra, Kalbis Institute, Institut Teknologi Bandung, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Airlangga, UIN Sunan Gunung Djati, Universitas Negeri Surabaya, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Widya Mandala. Sedangkan sekolah yang ikut berasal dari SMAN 1 Purwakarta dan SMAN 88 Jakarta.

Rangkaian kegiatan Epicentrum dibuka secara resmi oleh Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Rahmat Hidayat. Dr. Dadang berharap kegiatan ini bukan menjadi ajang persaingan seluruh peserta, namun menjadi proses silaturahmi dan interaksi antar insan komunikasi yang terlibat dalam kegiatan ini.

Lebih lanjut Dadang menjelaskan, berbagai masalah yang ada Indonesia pada dasarnya berawal dari masalah komunikasi. Untuk itu, peserta kegiatan diharapkan mampu melakukan diagnosis dari berbagai masalah untuk ditemukan upaya pemecahannya.

“Kalaupun tidak bisa menyembuhkan masalah, setidaknya kita tahu bagaimana mendiagnosis masalah tersebut,” ujar Dr. Dadang.

Di hadapan peserta kegiatan, Dadang berpesan setiap tim dalam menjunjung tinggi sportivitas dan objektivitas. Ia pun berharap ajang Epicentrum ini dapat digelar secara berkelanjutan dengan lingkup peserta yang jauh lebih luas.

“Minimal bisa tingkat ASEAN,” pungkasnya.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

Share this: