Membuka Wawasan MEA, Prodi Teknologi Industri Pertanian Laksanakan ASEAN Trip

Mahasiswa program studi Teknologi Industri Pertanian Unpad saat melakukan ASEAN Trip ke sejumlah negara di ASEAN pada 6-20 Agustus 2016. *

[Unpad.ac.id, 2/09/2016] Program Studi Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad (TIN FTIP Unpad) melaksanakan TIN ASEAN Trip, 6-20 Agustus 2016 lalu. Perjalanan  mengelilingi negara-negara ASEAN ini diikuti 45 orang mahasiswa angkatan pertama Program Studi TIN FTIP Unpad.

Mahasiswa program studi Teknologi Industri Pertanian Unpad saat melakukan ASEAN Trip ke sejumlah negara di ASEAN pada 6-20 Agustus 2016. *
Mahasiswa program studi Teknologi Industri Pertanian Unpad saat melakukan ASEAN Trip ke sejumlah negara di ASEAN pada 6-20 Agustus 2016. *

Perjalanan diisi dengan melakukan kunjungan ke sejumlah universitas ternama di ASEAN, diantaranya Nanyang Technology University, National University of Singapore, dan Chulalongkorn University. Selain itu, kunjungan juga dilakukan ke  Perhimpunan Pelajar Indonesia di setiap negara yang dikunjungi, Kedutaan Besar Republik Indonesia dan tempat-tempat wisata budaya dan pendidikan.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan profil lulusan TIN FTIP Unpad yang unggul, sesuai targetnya yaitu menghasilkan The Local Enablers, Technopreneur, Design Thinkers dan Creative Leaders. Selain membuka wawasan tentang dunia internasional, termasuk wawasan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), melalui kegiatan ini para peserta juga diperkenalkan langsung pada berbagai kemajuan dunia.

“Dengan memasuki era MEA, memperkenalkan ASEAN pada keadaan sebenarnya menjadi kebutuhan primer sehingga mahasiswa mampu terbuka wawasannya sehingga memiliki dampak bagi perubahan perilakunya untuk lebih bersiap dalam menghadapi tantangan masa depan,” kata salah seorang dosen FTIP Unpad, Dr. Dwi Purnomo.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan kemahasiswaan tahunan. Dalam perancangannya, kegiatan kemahasiswaan memang dibuat selaras dengan kurikulum akademik agar profil lulusan yang diinginkan dapat  terwujud. Beragam kegiatan kemahasiswaan dibuat secara inovatif, sehingga mendorong mahasiswa untuk membangun sifat kepemimpinannya dalam beragam kegiatan.

“Hal yang menarik dalam TIN ASEAN Trip ini adalah terkait pembiayaannya. Total dana yang digunakan untuk menjalankan kegiatan ini sebesar kurang lebih Rp. 150 Juta  yang keseluruhannya diraih dari kegiatan kewirausahaan yang selama ini dikembangkan di lingkungan Program Studi Teknologi Industri Pertanian yang berkolaborasi dengan Komunitas The Local Enablers dari Forum Kreatif Jatinangor,” ungkap Dr. Dwi.

Elni Hazar, salah seorang peserta TIN ASEAN Trip mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat baginya. Menurutnya, kegiatan ini dapat membuka wawasan dan mendorongnya untuk lebih disiplin seperti yang dilakukan penduduk dari negara yang dikunjungi.

Peserta lain, Krisdianto mengungkapkan bahwa dengan perjalanan ini mahasiswa dapat melihat perbedaan yang selama ini tidak pernah terlihat secara nyata. “Pengalaman ini yang membuat wawasan dan mimpi-mimpi kita menjadi semakin terbuka dan nyata,”ujarnya.*

Rilis: Prodi Teknologi Industri Pertanian Unpad / art

 

Share this: