Penelitian tentang Teletubbies Antarkan Mahasiswa Unpad Lolos ke Pimnas

Mahasiswa Unpad saat sedang melakukan analisis tayangan teletubbies *

[Unpad.ac.id, 6/08/2016] Lima mahasiswa Universitas Padjadjaran melakukan penelitian ilmiah mengenai isu homoseksualitas dalam tayangan televisi Teletubbies, terutama pada salah satu tokohnya, Tinky Winky. Penelitian ini dilakukan mengingat adanya kontorversi mengenai isu homoseksualitas dalam tayangan tersebut.

Mahasiswa Unpad saat sedang melakukan analisis tayangan teletubbies *
Mahasiswa Unpad saat sedang melakukan analisis tayangan teletubbies *

Penelitian ilmiah ini dilakukan secara kualitatif dengan metode analisis deskriptif-interpretatif.. Mereka adalah Lidya Permata Sari (Sastra Inggris 2012), Annisa Hida Robbiani (Sastra Inggris 2012), Vera Citra Utami (Sastra Inggris 2012), Shifa Amali Firdaus (Sastra Inggris 2012), dan Rio Alfajri (Hubungan Internasional 2012). Mereka dibimbing oleh Kasno Pamungkas, M. Hum yang merupakan dosen dari program studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Unpad.

Menurut ketua tim penelitian ini, Lidya, penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat tanda-tanda visual dalam tayangan Teletubbies khususnya pada tokoh Tinky Winky yang menyiratkan isu homoseksualitas. Kemudian, hasil dari analisis tersebut dikaitkan dengan nilai-nilai penyiaran yang ada di Indonesia untuk menemukan apakah terdapat penyimpangan terhadap nilai-nilai penyiaran yang ada di Indonesia. Analisis terhadap tanda visual dilakukan melalui tabel semiotika Barthes, seorang pakar semiotika modern.

Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat tiga tanda visual yang menyiratkan isu homoseksualitas, yaitu antena segitiga terbalik, penggunaan tas merah, dan juga penggunaan rok balet oleh Tinky Winky. Selain itu, hasil analisis tersebut ternyata memiliki ketidaksesuaian dengan beberapa nilai yang terkandung dalam aturan-aturan penyiaran di Indonesia, yang terdiri dari Undang-Undang RI No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, Peraturan Pedoman Penyiaran (P3) dari KPI, dan Standar Program Siaran (SPS).

Penelitian ini mendapatkan dana hibah dari Kemenristek Dikti dan berhasil menjadi perwakilan Unpad pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-29 bidang PKM Penelitian Sosial Humaniora. Tim ini akan berkompetisi dengan sejumlah mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk memperebutkan medali pada ajang tersebut. Pimnas sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 8-12 Agustus 2016 nanti di Institut Pertanian Bogor.

“Penelitian ini juga sudah terdaftar dalam 2nd International Conference on Advances in Education and Social Sciences,” ungkap Vera.

Hasil dari penelitian Sosial Humaniora ini telah dikemas dalam sebuah buku berjudul Panduan Menjaga Anak Menonton Televisi bagi Orang Tua atau disingkat menjadi Panto. Selain itu, tim ini juga telah membuat sebuah line pengaduan yang ditujukan bagi masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan mereka mengenai tayangan-tayangan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai di Indonesia.*

Rilis / art

Share this: