Menristekdikti, “Pimnas Ajang Mencari Inovasi Unggulan Mahasiswa”

Suasana pembukaan Pimnas ke-29 di IPB Bogor, Senin (8/08) malam (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 9/08/2016] Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-29 telah resmi dibuka di Graha Widya Wisuda Institut Pertanian Bogor (IPB), Senin (8/08) malam. Acara secara resmi dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. M. Nasir, didampingi oleh Rektor IPB Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc., Ketua Panitia Pimnas ke-29 , Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, MS., perwakilan dari Gubernur Jawa Barat, perwakilan pemerintahan Kota dan Kabupaten Bogor, serta Rektor Universitas Brawijaya sebagai peraih juara tahun lalu.

Suasana pembukaan Pimnas ke-29 di IPB Bogor, Senin (8/08) malam (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Suasana pembukaan Pimnas ke-29 di IPB Bogor, Senin (8/08) malam (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Dalam sambutannya, Prof. Nasir mengatakan bahwa Pimnas merupakan sebuah ajang untuk mencari bibit-bibit unggul mahasiswa yang berinovasi, melalui program kreativitas yang berbasis riset. “Lomba-lomba yang dihasilkan nanti harapannya adalah betul-betul merupakan inovasi,” harapnya.

Produk-produk unggul dan inovatif yang berpeluang masuk ke dunia industri, ia pun berkomitmen bahwa pihaknya akan turut mengawal dalam hal pembiayaan. Hal ini dilakukan agar para mahasiswa dapat terus melakukan inovasi yang lebih baik.

Menurutnya, inovasi merupakan salah satu hal penting untuk mendukung kemandirian dan daya saing bangsa. Melalui ajang Pimnas, Prof. Nasir pun berpesan agar terus melakukan inovasi. “Mari kita gerakan inovasi,” katanya.

Di Pimnas, Prof. Nasir pun berharap agar para mahasiswa terus memiliki semangat kebersamaan Indonesia. “Sehingga identitas apapun, adalah mahasiswa Indonesia,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Rektor Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc. Ia pun berharap para peserta Pimnas dapat menikmati suasana kebersamaan sebagai mahasiswa Indonesia di ajang ini. Hal tersebut sesuai dengan tema Pimnas tahun ini, “Dengan Semangat Kebersamaan dan Persatuan, Mahasiswa Indonesia Menciptakan Karya Kreatif dan Inovatif untuk Kejayaan Bangsa.”

Pimnas ke-29 diiukti oleh 145 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Peserta Pimnas dibagi ke dalam 22 kelas yang meliputi, 6 kelas PKM Penelitian Eksakta, 2 kelas PKM Penelitian Sosial humaniora, 4 kelas PKM Kewirausahaan, 4 kelas PKM Pengabdian kepada Masyarakat, 4 kelas PKM Karsa Cipta, 1 kelas PKM Penerapan Teknologi, dan 1 kelas PKM Gagasan Tertulis.

Selain kompetisi melalui presentasi dan poster, dalam Pimnas tahun ini juga digelar berbagai kegiatan seperti Pimnas Investment Summit, Social Gathering, Sarasehan Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan, Sarasehan Pimpinan Organisasi Kemahaiswaan, Aksi Peduli Lingkungan, SMA goes to Pimnas, olah raga bersama, bazar, dan city tour.

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: