Mahasiswa Sastra Jerman Unpad Ikuti Pertukaran Mahasiswa ke Prodi Jerman Ramkhamhaeng University Thailand

Mahasiswa dan dosen pendamping Sastra Jerman Unpad saat berada di Ramkhamhaeng University Thailand *

[Unpad.ac.id, 2/08/2016] Sebanyak 10 mahasiswa Sastra Jerman Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran mengikuti kegiatan pertukaran mahasiswa di German Department Faculty of Humanities Ramkhamhaeng University (RU), Thailand, 24 Juli hingga 14 Agustus. Rombongan didampingi oleh Kaprodi Sastra Jerman FIB Unpad Dr. Phil. Dian Ekawati, M.A., serta seorang dosen Sastra Jerman FIB Unpad Cucu Finalia, M.Hum.

Mahasiswa dan dosen pendamping Sastra Jerman Unpad saat berada di Ramkhamhaeng University Thailand *
Mahasiswa dan dosen pendamping Sastra Jerman Unpad saat berada di Ramkhamhaeng University Thailand *

Dalam rilis yang diterima Humas Unpad disebutkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini selain untuk memperluas kerja sama juga untuk menambah kemampuan mahasiswa dalam bidang Bahasa Jerman secara teori maupun praktik. Sepuluh mahasiswa ini terpilih setelah lolos seleksi akademis dan wawancara yang dilakukan bersama dengan Lektor DAAD di Unpad.

Kurikulum pembelajaran di RU memiliki beberapa kesamaan dengan Unpad. Untuk itu, selama pertukaran di sana, mahasiswa mengikuti dua perkuliahan wajib German for Business dan German for Tourism. Dua nilai mata kuliah tersebut akan diakui dalam mata kuliah Deutsch für Wirtschaft dan Deutsch für Tourismus di Unpad.

Mahasiswa juga mengikuti 3 mata kuliah pilihan wajib lainnya dan 2 mata kuliah peminatan, sekaligus mendapat tambahan kursus Bahasa Thailand setiap Senin dan Jumat. Selama mengikuti kegiatan ini, setiap dua mahasiswa didampingi oleh seorang tandem partner yang akan membantu untuk proses adaptasi dan sosialisasi.

Sementara dua dosen pendamping mahasiswa juga akan melakukan hospitasi di mata kuliah wajib dan di beberapa mata kuliah lainnya. Mahasiswa juga akan diajak oleh pihak RU untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Thailand.

Rombongan diterima secara resmi oleh President Ramkhamhaeng University, Asst. Prof. Wutisak Lapcharoensap, Wakil President Urusan Kerjasama Internasional RU,Ketua German Department, dan salah seorang tenaga penutur asli Jerman di sana pada 25 Juli lalu. Setelah itu, rombongan juga diterima secara resmi oleh pihak Fakultas yang dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan bidang kerjasama, anggota staf German Department, para ketua jurusan di lingkungan Faculty of Humanities, serta para tandem partner.

Dalam acara pertukaran mahasiswa ini juga, digelar diskusi detail terkait rencana kerja sama lanjutan, diantaranya program jangka panjang pembuatan buku ajar regional ASEAN untuk MK Deutsch für Wirtschaft dan Deutsch für Tourismus, kerjasama penelitian, serta pengembangan kualitas dosen.

Dosen pendamping mahasiswa dalam kegiatan pertukaran ini juga akan melakukan hospitasi di MK wajib dan di beberapa MK lain. sedangkan mahasiswa selain mengikuti kegiatan akademis juga akan dibawa oleh pihak RU untuk melakukan ekskursi ke beberapa tempat wisata di Thailand.

Pada saat acara penerimaan dengan pimpinan RU, dibahas pula rencana penandatanganan MoU antara Unpad dengan RU. Dengan adanya MoU ini diharapkan dapat membuka peluang kerja sama lainnya dengan RU.

“Pada pertengahan September 2016, beberapa orang anggota staf pengajar dari RU akan datang ke Unpad untuk mengikuti seminar internasional Germanistik di ASEAN yang diselenggarakan oleh Prodi Sastra Jerman Unpad. Pada kesempatan itu diharapkan draf MoU sudah dapat ditandatangani. Sementara pada 26 September sampai dengan 14 Oktober 2016 mahasiswa RU akan melakukan kegiatan pertukaran dengan program yang sama dengan yang sedang dilakukan oleh mahasiswa Unpad di RU,” tulis Dr. Dian. *

Rilis oleh: Sastra Jerman FIB Unpad/am

Share this: