BI Dukung Peluncuran Tiga Buku Ekonomi Islam, Salah Satunya Karya Dosen FEB Unpad

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad (ketiga dari kanan) saat menerima *

[Unpad.ac.id, 14/07/2016] Universitas Padjadjaran turut berpartisipasi dalam penyusunan tiga buku ajar pembelajaran Ekonomi Islam untuk berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Buku ini masing-masing ditulis oleh tiga dosen dari Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, dan Universitas Islam Indonesia bekerja sama dengan Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia.

Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad (ketiga dari kanan) saat menerima *
Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad (ketiga dari kanan) saat menerima buku ajar dari Gubernur Bank Indonesia, Agus DW Martowardojo (batik merah) di Gedung BI Jakarta, 1 Juli 2016 lalu. *

Tiga buku ajar tersebut yaitu Usaha Mikro Islami oleh Dian Masyita, PhD (Unpad), Pengelolaan Zakat oleh Dr. Priyonggo (UII), dan Pengelolaan Wakaf oleh Dr. Raditya Sukmana (Unair). Peluncuran sekaligus penyerahan buku ajar tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Bank Indonesia, Agus DW Martowardojo kepada Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad serta Rektor Unair dan UII di Function Room Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (1/7).

Penyerahan ini sekaligus memperingati puncak perayaan HUT ke-63 Bank Indonesia. “Proyek penulisan ketiga buku ajar tersebut merupakan bentuk komitmen Bank Indonesia dalam mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia,” terang M. Anwar Bashori, Kepala DEKS Bank Indonesia.

Ketiga buku ajar tersebut rencananya akan disebar ke berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk dijadikan sebagai buku ajar. Penyebaran buku dilakukan dalam bentuk hard copy maupun e-book.

bi-unpad-buku-2Di kesempatan yang sama, alumni Unpad yang juga Deputi Gubernur BI, Dr. Hendar, dan Direktur Eksekutif dan Kepala Regional BI untuk wilayah Sumatra, Dr. Dian Ediana Rae, juga turut memberikan dukungan terhadap kolaborasi antara Unpad dan Bank Indonesia ini.

Sebelumnya, DEKS BI juga menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang pengembangan bahan ajar Ekonomi Islam pada Kamis (30/06) lalu. Pengembangan bahan ajar ini mengacu pada cetak biru BI tentang pengembangan Ekonomi Islam di Indonesia. Acara ini menunjukkan keberpihakan BI dalam mendukung implementasi sistem Ekonomi Syariah di Indonesia.

Acara tersebut selain dihadiri oleh tim DEKS Syariah BI, juga dihadiri oleh akademisi dan praktisi dari berbagai universitas. Dari Unpad sendiri Dr. Nury Effendi selaku Dekan FEB Unpad dan Dian Masyita, Ph.D selaku kaprodi Ekonomi Islam FEB Unpad juga diundang untuk menghadiri FGD tersebut.*

Rilis oleh: FEB Unpad/am

Share this: