Mahasiswa FKG Unpad Raih Best Presenter pada Infomec 2016 di Malaysia

Mahasiswa dan dosen FKG Unpad yang tampil pada 1st International Conference on Forensic Sciences, Forensic Medicine & Criminology (INFOMEC 2016) di Malaysia, 19-20 April 2016 lalu *

[Unpad.ac.id, 22/04/2016] Dua mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unpad, Wisam Rizqullah dan  Elizabeth meraih predikat Best Presenter dalam 1st International Conference on Forensic Sciences, Forensic Medicine & Criminology (Infomec 2016). Konferensi tersebut digelar oleh Faculty of Health and Life Sciences Management and Science University Malaysia pada 19-20 April 2016 lalu.

Mahasiswa dan dosen FKG Unpad yang tampil pada 1st International Conference on Forensic Sciences, Forensic Medicine & Criminology (INFOMEC 2016) di Malaysia, 19-20 April 2016 lalu *
Mahasiswa dan dosen FKG Unpad yang tampil pada 1st International Conference on Forensic Sciences, Forensic Medicine & Criminology (INFOMEC 2016) di Malaysia, 19-20 April 2016 lalu *

Wisam dan Elizabeth berhasil meraih prestasi tersebut atas makalah yang mereka presentasikan. Adapun makalah yang dipresentasikan oleh Wisam berjudul “Description of Pawon-man’s Maxillary and Mandibular Cortical Bone Thickness and Density with 3D Cone Beam Computed Tomography Imaging”, dan makalah Elizabeth berjudul “Age Estimation of Pawon Man with Teeth Identification using Johanson Method through CBCT 3D Radiograph”.

Selain Wisam dan Elizabeth, ada enam makalah lain yang terpilih untuk dipresentasikan di ajang tersebut. Mereka adalah mahasiswa S-1 FKG Unpad yang terdiri dari Atikah Mawardhani Putri, Natasha Carolina, Amalina, Jihan Kamilah, dan Georgiana Marsya, serta satu mahasiswa magister (S2) FK Unpad, drg. Rahmadaniah. Karya mereka terpilih setelah melewati serangkaian seleksi bersama karya ilmiah mahasiswa lain dari seluruh dunia.

Para mahasiswa tersebut didampingi dan dibimbing langsung oleh tim dosen Forensik Odontologi FKG Unpad dengan koordinator/penanggung jawab ilmu Forensik Odontologi FKG Unpad, drg. Fahmi Oscandar M.Kes, Sp.RKG beserta jajarannya, yaitu  drg. Yuti Malinda M.M, M.Kes, drg. Dewi Zakiawati, dan drg. Yurika Ambar Lita.

Selain presentasi karya ilmiah, delegasi mahasiswa dan tim dosen tersebut juga mengikuti sejumlah kegiatan lain dalam Infomec 2016, seperti plenary lecture dan poster presentation. Ketiga dosen pembimbing pun turut pula melakukan oral presentation pada konferensi tersebut. Dalam kesempatan yang sama, drg. Fahmi Oscandar M.Kes, Sp.RKG mendapatkan kesempatan untuk berbicara sebagai Keynote Speaker of  Forensic Odontology, berdasarkan undangan dari Vice President Medical & Health Science MSU, Prof. Dr. Mohd Zahedi Daud.

infomecinfomec2Konferensi ilmu pengetahuan forensik internasional pertama ini merupakan ajang berbagi keahlian dan pengalaman untukpara ahli di bidang forensik kedokteran, ilmu pengetahuan forensik, profesionalhukum dankriminologdari berbagai belahandunia. Konferensi ini merupakan konferensi bidang forensik yang pertama kali diadakan di dunia.

“Ini adalah pertemuan ilmiah yang sifatnya mendukung kemajuan bidang forensik, terutama forensik odontologi yang tentunya berhubungan dengan ilmu kedokteran gigi. Kami berharap semua hasil penelitian yang nantinya akan dipresentasikan dapat menjadi pelopor dalam bidang forensik odontology,” tutur Dekan FKG Unpad, Dr.drg. Nina Djustiana M.Kes.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dengan partisipasi ini, diharapkan mahasiswa menjadi  lebih berpengalaman, berwawasan luas, open minded, dan dapat melihat keilmuan dari segala bidang, tidak hanya belajar di ilmu kedokteran gigi saja. Apalagi kemajuan forensik saat ini sudah dapat difasilitasi teknologi canggih seperti pengguanan alat radiografi CBCT 3D.

“Dengan diundangnya mahasiswa untuk presentasi di Infomec 2016 ini, kami sangat bangga dan mendukung, dengan harapan bahwa prestasi ini dapat ditingkatkan lagi dan menjadi motivasi bagi adik-adiknya untuk berkiprah dalam bidang ini. Terlebih lagi FKG Unpad akan bekerja sama dengan MSU di bidang pendidikan dan pengajaran, riset, serta PPM,” ungkapnya.*

Rilis: FKG Unpad / art

 

Share this: