Bahas Kerja Sama Lanjutan, Pimpinan TVRI Jabar Kunjungi Unpad

Foto bersama pimpinan TVRI dengan Rektor Unpad, Dekan Fikom Unpad, dan Direktur Tata Kelola & Komunikasi Publik Unpad di Executive Lounge Unpad, Jln. Dipari Ukur 35 Bandung, Kamis (7/04). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

[Unpad.ac.id, 7/04/2016] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad menerima kunjungan dari pimpinan TVRI Stasiun Jawa Barat di Ruang Rektor Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (7/04). Kunjungan tersebut digelar dalam rangka penjajakan kerja sama lanjutan antara Unpad dengan TVRI Jabar.

Foto bersama pimpinan TVRI dengan Rektor Unpad, Dekan Fikom Unpad, dan Direktur Tata Kelola & Komunikasi Publik Unpad di Executive Lounge Unpad, Jln. Dipari Ukur 35 Bandung, Kamis (7/04). (Foto oleh: Tedi Yusup)*
Foto bersama pimpinan TVRI Jabar dengan Rektor, Dekan Fikom, dan Direktur Tata Kelola & Komunikasi Publik Unpad di Executive Lounge Unpad, Jln. Dipari Ukur 35 Bandung, Kamis (7/04). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Dalam kunjungan tersebut, hadir Kepala Stasiun TVRI Jabar Riyanto Budi Rahardjo, Koordinator Liputan TVRI Jabar Oka Sayuti, serta para pimpinan di TVRI Jabar. Sementara dari pihak Unpad, selain Rektor hadir pula Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik Dr. Soni A. Nulhaqim, S.Sos., M.Si., Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., S.H., M.Si., serta staf pengajar dari Fikom Unpad.

Riyanto mengungkapkan, selama ini TVRI Jabar telah banyak melakukan kerja sama dengan Unpad, diantaranya permintaan para ahli di Unpad untuk menjadi narasumber di program televisi, serta kegiatan peliputan untuk acara-acara di Unpad. Untuk itu, Riyanto mengharapkan Unpad menjalin kerja sama untuk sektor lainnya.

Kerja sama terbaru ialah mengundang ahli di Unpad untuk menjadi narasumber video dokumenter tentang Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi. “Kita melihat di Unpad ini banyak sekali potensinya. Kami ingin menggali lebih dalam potensi tersebut,” tutur Oka.

Menanggapi rencana kerja sama tersebut, Rektor mengatakan hal ini senada dengan konsep Pentahelix yang digagas Unpad. Media, menjadi unsur penting dalam peningkatan kualitas Tridharma Unpad yang meliputi pengajaran, riset,  dan pengabdian kepada masyarakat.

Sebagai institusi pemerintah di Jawa Barat, Unpad dan TVRI memiliki peran strategis meningkatkan pengembangan wilayah di Jawa Barat. “Kami ingin bersama-sama dengan TVRI Jabar untuk mengekspose berbagai potensi  yang dimiliki Unpad maupun Jabar agar bisa membawa dampak lebih kuat kepada masyarakat.

Sementara gagasan kerja sama lanjutan Unpad-TVRI Jabar menurut Dr. Dadang difokuskan pada peningkatan aktivitas akademik. Dr. Dadang berharap, TVRI Jabar dapat memberikan berbagai pelatihan di bidang broadcasting, serta dapat melakukan kolaborasi riset untuk topik tertentu. Gagasan kerja sama lain yang dikembangkan ialah kerja sama di bidang pengembangan konten.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

Share this: