Dekan FTG Unpad, Prof. Hendarmawan (paling kiri) menjadi moderator saat Sosialisasi Gagasan Enam Calon Dekan FTG Unpad di Kampus FTG Unpad Jatinangor, Kamis (10/12). (Foto oleh:

[Unpad.ac.id, 10/12/2015] Sebanyak enam calon Dekan Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran Periode 2016-2021 mempresentasikan gagasannya pada acara Sosialisasi Gagasan Calon Dekan di Lingkungan Unpad di Ruang Auditorium Dekanat FTG Unpad Kampus Jatinangor, Kamis (10/12). Sosialisasi ini dihadiri oleh Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, Wakil Rektor Bidang Tata Kelola dan Sumber Daya Unpad Dr. Sigid Suseno, S.H., M.Hum., pimpinan, serta Dekan, sivitas akademika dan tenaga kependidikan FTG Unpad.

Dekan FTG Unpad, Prof. Hendarmawan (paling kiri) menjadi moderator saat Sosialisasi Gagasan Enam Calon Dekan FTG Unpad di Kampus FTG Unpad Jatinangor, Kamis (10/12). (Foto oleh:
Dekan FTG Unpad, Prof. Hendarmawan (paling kiri) menjadi moderator saat Sosialisasi Gagasan dari Enam Calon Dekan FTG Unpad di Kampus FTG Unpad Jatinangor, Kamis (10/12). (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Keenam calon dekan tersebut adalah Dr. Ir. Vijaya Isnawardhani, M.T., Dr. Sc. Yoga Andriana Sendjaja, S.T., M.Sc., Dr. Ahmad Helman Hamdani, M.Si., Dr. Ir. Zulfialdi Zakaria, M.T., Dr. Ir. Emi Sukiyah, M.T., dan Dr. Eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam., S.T., M.T. Sosialisasi ini dimoderatori oleh Prof. Dr. Ir. Hendarmawan., M.Sc.

Gagasan yang disampaikan Dr. Emi ialah FTG Unpad harus “move on“. Dalam artian, kemandirian menjadi fakultas harus tetap ditingkatkan oleh FTG, mulai dari optimalisasi fasilitas, guru besar, pendidikan, riset dan kerja sama inovasi, hingga kesiapan fakultas dalam menghadapi persaingan global dan pembangunan berkelanjutan.

Sementara Dr. Vijaya menyampaikan gagasannya mengenai penguatan sektor “IRASPD” di FTG Unpad. Istilah tersebut merupakan kepanjangan dari penguatan sektor institusi, riset (inovasi dan program kreativitas mahasiswa), akademik dan kemahasiswaan, sumber daya, perencanaan, dan pengelolaan database.

Dr. Yoga memfokuskan gagasannya mengenai peningkatan sumber daya manusia di FTG Unpad, meliputi peningkatan jumlah guru besar dan dosen doktor, dosen pengampu, serta peningkatan kualitas tenaga kependidikan. Gagasan lain yang disampaikan adalah peningkatan riset serta kerja sama penelitian maupun fasilitas. Diharapkan dengan peningkatan riset dan kerja sama, FTG Unpad menjadi fakultas yang mendukung penguatan sektor energi terbarukan.

Selanjutnya, Dr. Boy menyampaikan gagasannya untuk melanjutkan berbagai program yang sudah dicanangkan sebelumnya. Rencana tersebut meliputi peningkatan penulisan jurnal oleh mahasiswa, sertifikasi tenaga kependidikan, serta peningkatan kualitas tata kelola yang transparan, akuntabel, dan terintegrasi Sistem Informasi Administrasi Terpadu (SIAT).

Adapun gagasan yang disampaikan Dr. Zulfiadi adalah program kerja dekan harus disesuaikan dengan program kerja Rektor Unpad, mempertahankan capaian yang dihasilkan dekan saat ini, serta meningkatkan beberapa program kerja. Dr. Zulfiadi sendiri mendeskripsikan inovasi kemajuan FTG Unpad melalui istilah “Starlet” atau strategis dan sinergis, terencana dan taktis, akuntabilitas dan agamais, reliabel, legal, ekuilibrium, dan terasah.

Sedangkan Dr. Ahmad menyampaikan gagasan dengan membaginya menjadi 3 program, yaitu program unggulan (penguatan sumber daya manusia), program pengembangan (penguatan kelembagaan), serta program penunjang (penguatan riset, kerja sama, dan inovasi).*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

Share this: