Unpad Ikuti Pameran Pendidikan Internasional The 11th QS APPLE di Australia

Delegasi Unpad yang bertugas di pameran pendidikan internasional The 11th QS Asia Pacific Professional Leaders in Education (APPLE) di Melbourne Australia, 25-27 November 2015. *

[Unpad.ac.id, 25/11/2015] Menjelang akhir tahun 2015, Universitas Padjadjaran mengikuti kegiatan pameran pendidikan internasional The 11th QS Asia Pacific Professional Leaders in Education (APPLE). Tahun ini, QS APPLE diselenggarakan di Melbourne, Australia pada tanggal 25 hingga 27 November 2015.

Delegasi Unpad yang bertugas di pameran pendidikan internasional The 11th QS Asia Pacific Professional Leaders in Education (APPLE) di Melbourne Australia, 25-27 November 2015. *
Delegasi Unpad yang bertugas di pameran pendidikan internasional The 11th QS Asia Pacific Professional Leaders in Education (APPLE) di Melbourne Australia, 25-27 November 2015. *

Hal ini merupakan langkah awal Unpad dalam menyongsong visi menuju World Class University pada tahun 2026. Dalam prosesnya mencapai visi tersebut, berbagai upaya dilakukan oleh Unpad untuk mampu menginformasikan apa yang dimiliki kepada khalayak luas, mulai dari menjalin kerjasama, baik dalam maupun luar negeri, melakukan kolaborasi dalam penelitian, hingga mengikuti pameran internasional. QS APPLE menjadi salah satu wadah bagi Unpad dan universitas di berbagai belahan dunia untuk menyoroti kekayaan dan keanekaragaman pendidikan tingkat tinggi di kawasan Asia Pasifik.

Sejumlah delegasi telah terpilih untuk mengikuti rangkaian kegiatan, diantaranya Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik Dr. Soni Akhmad Nulhaqim, S.Sos., M.Si., Direktur Teknologi dan Sistem Informasi Drs. Gatot Riwi Setyanto., M.Si., dan didampingi oleh beberapa mahasiswa, yakni Dyana Chusnulitta Jatnika (FISIP), Aulia Rahmadiyan (FISIP), Ryan Putra Gushendra (Fikom), dan Naufal Rizkullah (FEB). Rombongan baru saja berangkat pada Senin, (23/11) untuk persiapan teknis lebih awal.

Selama pelaksanaan kegiatan tersebut, para delegasi akan mengikuti serangkaian konferensi internasional dan juga mempromosikan kampus yang menjadi salah satu pilihan favorit siswa-siswi SMA di seluruh Indonesia ini melalui booth yang telah tersedia. Persiapan dengan waktu yang cukup terbatas tak menjadi halangan bagi Unpad untuk menampilkan yang terbaik. Berbagai produk unggulan tenaga pendidik dan mahasiswa telah dipersiapkan untuk unjuk gigi di hadapan 1000 peserta QS APPLE tahun ini, seperti produk mahasiswa peraih medali emas pada Pimnas beberapa waktu yang lalu, Kennedy, juga produk Abon Bengkuang yang juga tampil dalam ajang bergengsi tersebut. Tak lupa, produk hasil penelitian dosen-dosen Unpad yang mampu bersaing di pasaran.

Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik Unpad, Dr. Soni Akhmad Nulhaqim, S.Sos., M.Si, sebagai salah satu delegasi menanggapi secara positif akan keikutsertaan Unpad dalam kegiatan yang diadakan setiap tahun ini oleh QS APPLE. “Unpad membawa misi bersinergi menuju keunggulan negeri dalam pameran pendidikan tinggi di Melbourne ini. Dalam momen tersebut, nantinya karya civitas akademika terbaik Unpad akan ditampilkan dalam bentuk buku, banner, poster, serta produk unggulan lainnya”, tegas Soni.

Delegasi lainnya, Direktur Teknologi dan Sistem Informasi Drs. Gatot Riwi Setyanto, M.Si., mengaku senang dengan adanya kegiatan ini sebagai salah satu pintu gerbang bagi Unpad untuk melebarkan sayapnya di kancah internasional. “Unpad merupakan salah satu universitas yang didorong oleh Dikti untuk masuk ke dalam 500 universitas terbaik di dunia versi QS dan momen ini adalah momen yang baik yang harus didukung oleh sivitas akademika karena nantinya semua akan terlibat dalam mewujudkan World Class University,” tutur Gatot.

Melalui kegiatan ini, Unpad memiliki kesempatan yang besar untuk dapat menarik minat mahasiswa asing untuk dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, mengingat tingginya reputasi yang dimiliki oleh pameran pendidikan internasional ini. Begitupula dengan pendapat Naufal selaku mahasiswa yang turut ikut menjadi delegasi dalam kegiatan ini. “Dengan adanya kegiatan ini, Unpad bisa melakukan promosi yang dapat memberikan timbal balik yang besar seperti bertambahnya jumlah mahasiswa asing dan menjadi indikator bagi Unpad untuk menjadi World Class University,” ujar Naufal.*

Laporan oleh: Ryan Putra Gushendra / eh

Share this: