Terpilih, Ketua dan Sekretaris Komisi Senat Akademik serta Ketua dan Sekretaris Dewan Profesor Unpad

[Unpad.ac.id, 3/11/2015] Senat Akademik Universitas Padjadjaran pada Kamis (29/10) lalu telah membentuk bagian dari kelengkapan dan perangkat Senat Akademik, yakni pembentukan Komisi dan Dewan Profesor.  Pembentukan ini dilakukan secara musyawarah mufakat pada Sidang Pleno Senat Akademik yang digelar di kampus Unpad, Jatinangor.

Logo Unpad *
Logo Unpad *

Ketua Senat Akademik Unpad, Prof. H. Oekan Soekotjo Abdoellah, MA., Ph.D. mengatakan bahwa komisi Senat Akademik yang terbentuk adalah 4 komisi. Masing-masing terdiri dari 22 anggota Senat Akademik, termasuk Ketua dan Sekretaris Komisi.

“Pada Sidang Pleno Senat Akademik terlebih dahulu menetapkan anggota komisi. Setelah komisinya terbentuk, masing-masing komisi kemudian melakukan sidang komisi untuk menentukan ketua dan sekretaris. Sidang (komisi) pada waktu itu dipimpin oleh senior dan junior dari masing-masing komisi,” ungkap Prof. Oekan saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (2/11).

Prof. Oekan mengungkapkan, Komisi I Senat Akademik membawahi Bidang Riset, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Akademik. Terpilih menjadi ketua adalah Prof. Dr. Anas Subarnas, M.Sc., Apt. dari Fakultas Farmasi, dan terpilih sebagai sekretaris adalah Dr. Antar Venus dari Fakultas Ilmu Komunikasi.

Sementara itu, Prof. Dadang Suganda dari Fakultas Ilmu Budaya terpilih menjadi Ketua Komisi II yang membidangi Pengembangan Akademik. Terpilih menjadi Sekretaris Komisi II adalah Dr. Elsa Pudji Setiawati, dr., MM dari Fakultas Kedokteran.

Pada Komisi III Bidang Sumber Daya Manusia, terpilih menjadi Ketua adalah Prof. Dr. Tb. Zulrizka Iskandar, M.Sc. dari Fakultas Psikologi, dan menjadi Sekretaris adalah Dr. Drs. Asep Sumaryana, M.Si. dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Untuk Komisi IV, terpilih menjadi ketua yaitu Prof. Dr. Ida Nurlinda, SH., MH dari Fakultas Hukum, dengan Sekretaris Dr. Ir. Iwan Setiawan, DEA. Komisi ini memiliki tugas di bidang Etika Akademik.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemilihan Dewan Profesor sebagai perangkat Senat Akademik. Secara aklamasi, Senat Akademik memilih Prof. Prof. Dr. Sutyastie Soemitro Remi, S.E., M.S. dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis menjadi ketua, dan Prof.Ir. Tarkus Suganda, M.Sc.,Ph.D. dari Fakultas Pertanian terpilih menjadi sekretaris Dewan Profesor.

“Harapannya, kita dapat membangun Unpad ke depan dengan lebih baik lagi, sehingga diperlukan kerja keras. Mudah-mudah kita dapat bergerak bersama-sama,” harapnya.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: