Pemilihan Dekan & Wakil Dekan Secara Terbuka adalah Respons terhadap Transparansi Birokrasi

Wakil Rektor Bidang Tata Kelola dan Sumber Daya Unpad yang juga bertindak sebagai Ketua Pantia Seleksi Dekan dan Wakil Dekan, Dr. Sigid Suseno, SH., M.Hum. (Foto oleh: Dadan T.)*

[Unpad.ac.id, 12/11/2015] Pendaftaran Bakal Calon Dekan dan Wakil Dekan sudah dapat dilakukan sejak Rabu (11/11) kemarin hingga 26 November 2015 mendatang. Seleksi Dekan dan Wakil Dekan ini terbuka untuk umum.

Wakil Rektor Bidang Tata Kelola dan Sumber Daya Unpad yang juga bertindak sebagai Ketua Pantia Seleksi Dekan dan Wakil Dekan,  Dr. Sigid Suseno, SH., M.Hum. (Foto oleh: Dadan T.)*
Wakil Rektor Bidang Tata Kelola dan Sumber Daya Unpad yang juga bertindak sebagai Ketua Pantia Seleksi Dekan dan Wakil Dekan, Dr. Sigid Suseno, SH., M.Hum. (Foto oleh: Dadan T.)*

“Ini sebetulnya sebagai respons terhadap transparansi birokrasi,” tutur Wakil Rektor Bidang Tata Kelola dan Sumber Daya Unpad yang juga bertindak sebagai Ketua Pantia Seleksi Dekan dan Wakil Dekan,  Dr. Sigid Suseno, SH., M.Hum.

Menurut Dr. Sigid, dengan status sebagai PTN BH, Unpad memiliki otonomi yang lebih besar, bukan hanya akademik tetapi juga non-akademik. Dengan demikian, sangat memungkinkan apabila Unpad menyelenggarakan proses seleksi Dekan Fakultas yang dapat diikuti juga oleh masyarakat yang berasal dari luar Unpad. “Proses ini kan kita untuk mencari yang terbaik,” ujarnya.

Proses pemilihan pun tidak dilakukan oleh masing-masing fakultas, melainkan langsung ditetapkan oleh Rektor. Meski demikian, fakultas dapat melihat dan menilai kemampuan calon Dekannya, sekaligus memberikan sejumlah pertanyaan saat Calon Dekan melakukan sosialisasi gagasan di fakultas.

Adapun proses tahapan seleksi yaitu dimulai dari pendaftaran bakal calon, kemudian verifikasi peserta. Peserta yang memenuhi persyaratan akan ditetapkan sebagai Calon Dekan/Wakil Dekan, dan diundang untuk mengikuti sosialisasi gagasan, uji kelayakan, tes substansi Unpad, tes psikologi, dan tes kesehatan.

“Sosialisasi gagasan di depan komunitas fakultasnya, ada dosen, mahasiswa, karyawan, dan alumni,” jelas Dr. Sigid.

Jika sebelumnya penetapan Dekan dan Wakil Dekan berada di waktu yang berbeda di setiap fakultas, dengan OTK baru, Dr. Sigid menjelaskan bahwa nantinya penetapan Dekan dan Wakil Dekan di setaip fakultas akan dilakukan pada saat bersamaan.

“Sekarang untuk menyamakan irama juga. Kalau semua start sama, maka proses adaptasinya sama. Diharapkan kita bisa running bersama-sama,” harapnya.

Diharapkan, dengan adanya seleksi ini, Unpad dapat memperoleh Dekan yang dapat membawa Unpad lebih baik lagi. Dr. Sigid juga berharap dapat terpilih sosok yang memiliki jiwa kepemimpinan dan manajerial yang baik, juga memiliki kompetensi keilmuan sesuai dengan fakultasnya.

Informasi terkait pendaftaran dapat dilihat di http://panseldekanat.unpad.ac.id/

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Share this: