Diskusi Tentang Pertanian, IAAS Unpad Kunjungi FAO Indonesia

IAAS Unpad saat berkunjung ke Kantor Perwakilan FAO Indonesia di Jakarta, Kamis (14/11). *

[Unpad.ac.id,20/11/2015] Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) International Association of Students in Agruicultural and Related Sciences (IAAS) Local Comittee Unpad menggelar education visit ke kantor perwakilan Food and Agriculture Organization (FAO) Indonesia, Kamis (12/11) lalu di Gedung Menara Thamrin, Jakarta.

IAAS Unpad saat berkunjung ke Kantor Perwakilan FAO Indonesia di Jakarta, Kamis (14/11). *
IAAS Unpad saat berkunjung ke Kantor Perwakilan FAO Indonesia di Jakarta, Kamis (14/11). *

FAO merupakan organisasi di naungan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang selama 70 tahun beridirnya memiliki visi memberantas kemiskinan, kelaparan, kerawanan pangan, kekurangan gizi, dan mendukung pengelolaan dan penggunaan sumber daya alam berkelanjutan di dunia.

Pada kunjungan tersebut, anggota IAAS Unpad menggelar diskusi dengan perwakilan FAO. Dalam diskusi tersebut mahasiswa banyak bertanya mengenai peran nyata yang dilakukan FAO, meliputi: realisasi visi FAO terhdap program pembangunan pertanian, serta seberapa besar pengaruh FAO terhadap sektor pertanian Indonesia.

Menanggapi lontaran pertanyaan tersebut, Dr. Ageng Setiawan Herianto selaku Assistant FAO Representative Indonesia mengungkapkan, FAO tidak sekadar membantui mendanai program pertanian berkelanjutan secara langsung melainkan merealisasikan visinya melalui berbagai kolaborasi dengan pemerintah dan berabgai organisasi seranah lainnya.

“FAO memiliki program yang selalu berjalan dengan persetujuan pemerintah dan menjadi pertimbangan khusus bagi pemerintah dalam menyususn rencana strategis nasional seperti RPJMN,” demikian ungkap Ageng.

Selain itu, banyak topik yang diangkat dalam sesi diskusi ini, seperti peran FAO dalam mendukung pengupayaan swamsebada pangan yang dicanangkan pemerintah.

Adapun dari hasil diskusi ini, IAAS Unpad sebagai organisasi pertanian skala dunia diharapkan mampu melakukan beberapa aksi nyata seperti mendorong program family farming untuk pertanian daerah sekitar yang dicanangkan FAO.

FAO juga mengharapkan pemuda Indonesia dapat menjadi bagian untuk membangun pertanian Indonesia, seperti mengikuti National Project Personnel yang diarahkan berdasarkan keahlian bidang masing-masing.*

Rilis: UKM IAAS Unpad/am

Share this: